Mengatasi VPS Tiba-Tiba Penuh - User Tidak Bisa Login

By Mohamad Abdul Azis 28 Des 2020, 11:53:53 WIB Pemrograman
Mengatasi VPS Tiba-Tiba Penuh - User Tidak Bisa Login

Keterangan Gambar : Solusi VPS Penuh


Pagi-pagi ternyata dikagetkan dengan user yang chat dan mengeluhkan gagal login ke sistem yang sudah kita bangun.  Padahal tidak ada pemblokiran user maupun penggantian password user. Saat cek ke database juga tidak ada masalah. Melihat ke directory upload file dan gambar juga tidak terdapat kejanggalan. Semua masih biasa biasa saja.

Alangkah terkejutnya ketika mencoba melihat resource VPS dengan perintah df -h Nampak di terminal kapasitas penyimpanan VPS telah penuh 100%. Langsung saja tancap gas ke folder backups, tetapi ternyata di folder tersebut juga tidak nampak ada masalah. ukuran file juga masih seperti biasa. Akhirnya dengan berat harus cek ukuran masing-masing folder di root. dengan perintah : 

du -ch nama_folder |grep total 

Akhirnya ketemulah dengan folder /var/ yang kapasitasnya terlalu besar, yakni 15GB. Dengan cara yang sama masing-masing folder di dalam folder /var/ saya cek ukuran foldernya. Ketemulah dengan folder /var/lib/ dilanjutkan dengan cek isi folder /var/lib/ ternyata paling besar ada di /var/lib/php/sessions/

Setelah ketemu biang keroknya ternyata banyaknya file session yang mencapai lebih dari 9 GB. kemudian saya eksekusi dengan menghapus datanya dengan perintah : 

cd /var/lib/php/sessions/
sudo find . -name "ci_*" -print |sudo xargs rm -v

Alhamdulillah, ternyata berhasil mengurangi overload kapasitas penyimpanan dan user bisa kembali berinteraksi dengan aplikasi yang ada di VPS.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 7 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment