Mensiasati Data Tanggal pada Template PDUM

By Mohamad Abdul Azis 29 Des 2018, 10:54:02 WIB Teknologi
Mensiasati Data Tanggal pada Template PDUM

Saat ini pendataan calon peserta ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) sudah dimulai dengan pendataan di http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/. Akan tetapi, sebelum kita mengisi data pada aplikasi pdum, terlebih dahulu marilah kita persiapkan data siswa sesuai template yang dapat diunduh di sini. Untuk penjelasan mengenai inputan data dapat dilihat pada web mapendademak.org.

Dari, template tersebut, sepertinya yang masih sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana mengisi data tanggal lahir, karena seperti biasa operator madrasah telah memiliki data siswa calon peserta ujian hasil dari mengerjakan aplikasi e-manja dan BioUN. Karena pada template PDUM tersebut, data tanggal yang diinputkan harus berformat text, bukan date.

Misalkan data awal seperti berikut ini, data tanggal lahir berformat mm/dd/yyyy

Maka data tanggal tersebut harus kita format dulu dengan format yyyy-mm-dd dengan cara blog kemudian click kanan dan pilih Format Cells atau Ctrl + 1

 

 

Nah... setelah data sesuai format dd/mm/yyyy maka langkah selanjutnya adalah mencopy data tanggal tersebut ke notepad. Setelah di notepad data dicopy lagi dan pastekan di excel dengan memilih keep text only. Seperti gambar di bawah ini :

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video tutorialnya.

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment