Alur Pengajuan Bantuan Sarpras Madrasah pada SIM Sarpras 2022

Alur pengajuan bantuan sarpras (Sarana Prasarana) madrasah melalui aplikasi SIM Sarpras ada 7 tahapan. Madrasakah yang akan mengajukan bantuan sarpras, harus mengikuti tahapan-tahapan tersebut.

Tahapan-tahapan pengajuan sarpras harus madrasah lalui secara lengkap. Madrasah harus memperhatikan kelengkapan data yang ada pada SIM Sapras. Walaupun sebagian besar data yang ada pada aplikasi SIM Sarpras sudah ada dari EMIS, tetapi madrasah harus melakukan cek kembali.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan pengajuan bantuan Sarpras. Apabila madrasah mengalami kendala, madrasah dapat langsung menghubungi admin pada seksi Pendidikan Madrasah kabupaten/kota.

01. Login

Alur pengajuan bantuan sarpras yang pertama adalah operator madrasah dapat langsung masuk pada aplikasi SIM Sarpras dengan cara menekan tautan ini. Sebelum mengganti password, maka secara standard username menggunakan NSM masing-masing. Demikian pula password juga menggunakan NSM masing-masing lembaga.

Apabila sebelumnya pernah melakukan login dan mengganti password. Sedangkan operator lupa passowrdnya, maka dapat menghubungi admin sarpras kabupaten. Karean setelah login, alur pengajuan bantuan sarpras selanjutnya adalah diminta mengganti password. Saat mengganti password, operator diminta mengaktifkan kamera perangkatnya.

02. Identitas Madrasah

Langkah ke dua adalah melengkapi identitas madrasah. Data yang harus dilengkapi antara lain identitas, letak geografis, dan data pokok madrasah yang valid.

03. Riwayat Jenis Bantuan

Madrasah juga harus mengisikan data riwayat bantuan. Yaitu, riwayat bantuan yang pernah didapatkan madrasah selama 5 tahun terakhir.

04. Prestasi Madrasah

Prestasi madrasah juga diminta untuk diisi lho. Madrasah harus mengupdate riwayat prestasi siswa. Madrasah harus memasukkan data prestasi siswa dan prestasi madrasah selama 5 tahun terakhir. Apabila madrasah belum memiliki prestasi selama lima tahun terakhir, pada tahap ini dapat dilewati.

05. Data Sarpras

Nah, ini adalah tahapan yang sangat penting. Yaitu, madrasah harus mengisikan data kondisi sarana dan rasarananya. Kondisi sarana prasarana yang dimiliki harus operator madrasah masukkans secara jujur ya.

06. Upload Proposal

Setelah melengkapi semua data, maka tahap selanjutnya dapat mengupload (mengunggah) dokumen proposal. Operator madrasah harus mengunggah dokumen pengajuan (proposal) permohonan bantuan. Operator madrasah harus mengunggah dokumen proposal sesuai dengan kebutuhan madrasah.

07. Status Pengajuan

Setelah mengunggah keseluruhan dokumen dan data pada aplikasi SIM Sarpras. Maka madrasah (kepala dan operator) dapat memantau secara realtime pengajuannya.

Demikian alur pengajuan bantuan sarpras madrasah. Mumpung masih di awal tahun, jangan sampai ketinggalan untuk mengajukan ya. Semoga madrasah lebih baik lagi ke depannya. Peningkatan mutu madrasah memang harus selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Semoga dengan adanya pengajuan bantuan sarpras secara online ini, tidak lagi ada kata sulit. Karena SIM Sarpras memberikan kemudahan dan tanpa kendala berarti. Semangat membangun negeri dengan meningkatkan kualitas madrasah.

3 thoughts on “Alur Pengajuan Bantuan Sarpras Madrasah pada SIM Sarpras 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

Alur Penonaktifan PTK di Simpatika

Alur penonaktifan PTK di Simpatika. Langkah-langkah ini dijalani oleh Admin Madrasah/ Sekolah maupun Kantor Kemenag yang ingin menonaktifkan PTK. Beperapa alasan menonaktifkan adalah dikarenakan PTK tersebut Pensiun, Meninggal Dunia, Mengundurkan Diri, Duplikasi, Tidak Memenuhi Syarat dan lain-lain. Untuk Non-Aktif PTK Guru, Pegawai, Kepala Madrasah/Sekolah : Petugas Madrasah/Sekolah mengajukan Non-Aktif PTK dengan login pada https://simpatika.kemenag.go.id/ dan mencetak surat […]

Mutasi PTK dari Sekolah ke Madrasah di Simpatika

Simpatika saat ini merupakan layanan aplikasi pendataan PTK RA / Madrasah di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Aplikasi ini merupakan penerus dari aplikasi pendataan PTK Online Padamu Negeri yang dulu dipergunakan di Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga PTK dari Sekolah Umum (TK / SD / SMP / SMA / SMK) yang dulunya […]

Optimasi Layanan Simpatika 2022

Optimasi layanan Simpatika (aplikasi GTK madrasah Kementerian Agama) di tahun 2022. Hal ini sesuai edaran Dirjen Pendis nomor B-312/Dt.I.II/KS.02/04/2022 tanggal 19 April 2022. Beberapa hal yang disampaikan dalam surat edaran optimasi Simpatika 2022 tersebut adalah : Setiap guru dan tenaga kependidikan madrasah wajib terdaftar dan terdata secara updated seluruh data individu dengan baik dan diakses […]