Cara dan Contoh Kalimat Sanggahan Seleksi PPPK

Contoh kalimat sanggahan PPPK – Setetelah melihat pengumuman hasil seleksi administrasi PPPK, mungkin ada yang belum beruntung. Jangan berkecil hati, karena pada seleksi PPPK ini, bagi yang belum lolos seleksi administrasi masih dapat mengajukan sanggahan.

Namun, jangan lupa, ketika kita mengajukan sanggahan harus menggunakan kalimat yang baik, sopan, dan santun. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, akan kami berikan contoh-contoh kalimat yang baik, sopan dan santun serta diharapkan mampu dikabulkan oleh verifikator seleksi administrasi P3K.

Daftar Contoh Kalimat Sanggahan

1. Masalah Akreditasi Kampus

Beberapa calon PPPK Kementerian Agama tidak lolos karena hasil verifikasi administrasi dengan alasan akreditasi kampus tempat calon P3K kuliah. Biasanya karena dokumen belum atau tidak dilegalisir oleh kampus atau lembaga pendidikan.

Contoh kalimat sanggahan untuk permasalahan akreditasi tersebut adalah “Mohon untuk dapat dicek ulang, dokumen surat keterangan akreditasi saya sudah dilegalisir. Terima kasih”.

2. Kekurangan Transkrip Nilai

Ada juga calon PPPK tidak diterima dalam seleksi administrasi dengan alasan belum melampirkan transkrip nilai. Karena transkrip nilai dan ijazah adalah dokumen yang saling berkaitan.

Untuk memberikan sanggahan yang baik tentang permasalahan transkrip nilai anda dapat menggunakan kalimat “Mohon untuk dapat diperiksa kembali, saya sudah mengunggah dokumen transkrip nilai sesuai ketentuan. Terima kasih”.

3. Surat Pernyataan Tidak Bermaterai

Surat pernyataan tidak bermaterai mungkin juga menjadi alasan tidak lolosnya seleksi administratif. Untuk menyanggah keterangan surat pernyataan tidak bermaterai anda dapat menggunakan kalimat santun berikut.

Mohon untuk dapat diperiksa kembali, surat pernyataan yang saya upload sudah tertempel materai. Terima kasih“.

4. Tidak Ada Ijazah Terakhir

Tidak mengupload ijazah terakhir merupakan salah satu hal yang fatal. Akan tetapi, hal ini juga dimungkinkan verifikator tidak berhasil membaca dokumennya.

Oleh karena itu, peserta seleksi P3K masih dimungkinkan dapat menyanggah. Kalimat sanggahan yang baik contohnya adalah “Mohon dapat diperiksa kembali, saya sudah mengunggah dokumen ijazah terakhir saya, terima kasih“.

5. Warna Background Foto Tidak Sesuai

Bila anda dapat peringatan warna background foto yang diupload tidak sesuai, tetapi anda yakin dan cek di sscasn.bkn.go.id sudah sesuai. Anda dapat menyanggah dengan kalimat sanggahan berikut ini.

Mohon dapat dicek kembali, saya sudah mengunggah / mengupload foto dengan background sesuai persyaratan (warna merah), terima kasih.

6. KTP Tidak Terbaca

KTP (Kartu Tanda Penduduk) memang ukurannya kecil, sehingga ada kemungkinan dokumen sulit dibaca. Kualitas KTP yang sudah lama juga sering menjadikan dokumen ini menjadi kurang dapat jelas dibaca.

Sehingga, apabila anda mendapatkan peringatan alasan “Mohon dapat diperiksa kembali, saya sudah mengupload KTP apabila terlihat terlalu kecil mohon dapat dizoom, terima kasih“.

Cara Menyampaikan Sanggahan

Untuk menyampaikan sanggahan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon peserta seleksi P3K Kementerian Agama. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Pelamar yang dinyatakan TIDAK LULUS seleksi administrasi dapat mengajukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi dalam masa sanggah pada tanggal 16 s.d. 18 Januari 2023 melalui akun masing – masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id;
  2. Ketentuan pelamar dalam masa sanggah adalah tidak dimaksudkan untuk mengubah kembali dokumen, mengunggah ulang dokumen, tidak untuk menambah informasi, tidak untuk mengunggah dokumen yang salah dan tidak untuk memperbaharui dokumen apapun atau menambah dokumen apapun;
  3. Panitia Seleksi CPPPK dapat menerima atau menolak alasan sanggah yang diajukan pelamar setelah dilakukan verifikasi kembali terhadap kesesuaian persyaratan dengan dokumen yang diunggah pelamar dan hasil sanggah akan diumumkan pada tanggal 26 Januari 2023;

Demikianlah contoh kalimat sanggahan calon peserta seleksi PPPK Kementerian Agama tahun anggaran 2022. Semoga anda dapat lolos seleksi administrasi dari sanggahan tersebut, dan dapat mengikuti seleksi akademis. Terus ikuti farazinux.com dan anekailmu.my.id untuk selalu mendapatkan informasi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

Beasiswa Tahfidz 2022, Segera Daftar!

Kabar gembira dari Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI. Beasiswa tahfidz 2022 telah dibuka, segera daftarkan diri anda. Dalam surat edaran Dirjen Pendis Nomor : B-1265.2/DJ.I/Dt.I.III/PP.04/05/2022 tanggal 30 Mei 2022 perihal Pendaftaran Beasiswa Tahfidz Al Qur’an. Daftar Isi−Persyaratan Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an Tahun Anggaran 2022Jadwal Pelaksanaan Beasiswa Tahfizh Al Qur’anDownload Form Pakta Integritas Beasiswa Tahfidz […]

Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 Ayo Segera Daftar

Program Beasiswa Santri Berprestasi tahun 2022 ini ada 600 kuota PBSB. Kuota tersebut terdiri atas 80 pilihan program studi yang tersebar di 26 Perguruan Tinggi Mitra PBSB dalam negeri. Hal ini disampaikan oleh Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur. Kabar ini sangat menggembirakan dunia pesantren. Ada 80 pilihan program studi pada 26 perguruan tinggi,” ujar Waryono […]

Jadwal Kelulusan Siswa Madrasah 2022

Akhir tahun pelajaran 2021/2022 sudah tiba. Sangat penting untuk mencermati Jadwal Kelulusan Siswa. Tanggal penting sudah diringkas sebagai berikut.   NO. TANGGAL, BULAN, TAHUN   URAIAN KEGIATAN 1 4 Mei 2022 Rapat kelulusan peserta didik MABerita acara rapat kelulusan 2 5 Mei 2022 Tanggal rapor kelas akhir (XII) semester genap MASK Penetapan KelulusanPengumuman kelulusan MASurat […]