Cara Membuat Token Masook Simpatika

Cara Membuat Token Masook Simpatika

Token Masook Simpatika – MASOOK adalah sistem layanan absensi biometrik online yang menggunakan face detection and lifeness detection sebagai autentifikasi. Dengan aplikasi Masook memudahkan untuk kelola kehadiran di institusi.

Madrasah tentunya sudah tidak asing lagi dengan layanan Simpatika. Aplikasi pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan madrasah ini selalu dinantikan fitur barunya.

Terutama guru, selalu menantikan fitur pencairan tunjangan profesi guru. Nah, kalau selama ini presensi kehadiran dilakukan oleh kepala madrasah atau admin madrasah, dengan aplikasi Masook ini, guru dapat menentukan sendiri kehadirannya.

Skema Pembuatan Kode Aktivasi Integrasi Simpatika dan Masook

Dengan aplikasi biometrik presensi online Masook ini akan langsung terintegrasi dengan layanan Simpatika. Sehingga, kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan dapat terpantau langsung pada aplikasi Simpatika.

Namun, beberapa fitur canggih saat ini masih harus menggunakan skema berbayar. Semoga ke depan, Kementerian Agama dapat memfasilitasi fitur berbayar Masook ini menjadi fitur yang dapat digunakan sepenuhnya oleh guru di bawah naungan Kementerian Agama.

Skema untuk kode aktivasi aplikasi Masook agar terintegrasi dengan layanan Simpatika dapat anda perhatikan pada gambar di bawah ini.

skema Masook Simpatika

Cara Membuat Kode Aktivasi

Agar dapat terintegrasi antara aplikasi Masook yang berbasis Android dengan layanan Simpatika kita membutuhkan suatu kode aktivasi atau token.

Adapun cara untuk membuat token atau kode aktivasi di Simpatika adalah sebagai berikut:

1. Login di Simpatika

Silakan login terlebih dahulu sebagai operator madrasah / kepala madrasah di suatu madrasah naungan kementerian agama, yang sudah memiliki akun simpatika. Akses dengan menuju ke halaman masuk simpatika di link ini

Sehingga tampilan login page di aplikasi Simpatika seperti gambar di bawah ini.

login page Simpatika

Masukkanlah username dan kata sandi operator madrasah Anda. Kemudian klik tombol Masuk yang berwarna biru.

2. Pilih Menu Absensi

Setelah anda berhasil login layanan Simpatika, silahkan anda klik menu Madrasah di bagian atas, kemudian klik menu Absensi. Sehingga tampil seperti gambar di bawah ini.

menu absensi simpatika

3. Daftar Token Aktivasi

Langkah selanjutnya adalah klik menu Daftar Token Aktivasi pada bagian Aplikasi Terintegrasi. Untuk lebih memperjelas, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

daftar token simpatika

4. Buat Kode Aktivasi Baru

Selanjutnya lakukan proses untuk pembuatan kode aktivasi baru. Lakukan dengan klik tombol (+) yang ada di sebelah kanan. Agar lebih jelas, perhatikan gambar di bawah ini.

menambahkan kode aktivasi baru

5. Tulis Label Kode Aktivasi

Tuliskan label kode aktivasi tersebut yang akan dibuat. Kemudian klik Simpan. Seperti nampak pada gambar di bawah ini.

simpan kode aktivasi

Selanjutnya setelah kode aktivasi integrasi berhasil disimpan, akan muncul dalam listing kode aktivasi yang telah dibuat. Seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

sukses kode aktivasi

6. Lihat Kode Aktivasi

Untuk mengetahui kode aktivasinya tersebut. Silakan klik tombol opsi yang ada di sebelah kanan seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

opsi token aktivasi

Kemudian pilih cetak token untuk mendapatkan surat aktivasi token Masook Simpatika. Adapun menunya seperti gambar di bawah ini.

cetak token aktivasi

7. Dokumen Cetak Kode Aktivasi

Selanjutnya akan muncul kode aktivasinya. Dimana kode aktivasi tersebutlah yang nantinya digunakan untuk proses integrasi dengan layanan biometriknya. Sehingga ada integrasi layanan antara Simpatika instansi Anda dengan layanan biometrik yang akan Anda gunakan.

Tampilan dokumen kode aktivasi Integrasi Aplikasi Masook dan Simpatika seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

surat kode aktivasi

Fungsi Kode Aktivasi

Setelah langkah di atas selesai anda dapat menggunakan kode aktivasi tersebut. Untuk melakukan proses integrasi layanan Simpatika.

Jika Anda (sebagai operator simpatika) bisa membuat dan mencetak lebih dari satu kode aktivasi untuk berbagai layanan yang nantinya diintegrasikan dengan layanan simpatika instansi Anda. Namun pastikan untuk proses integrasi dengan layanan simpatika Anda.

Anda menggunakan kode aktivasi integrasi yang statusnya aktif (hijau artinya aktif) dan (merah artinya tidak aktif) seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

status token masook simpatika

Termasuk informasi kode aktivasi tersebut, sudah digunakan untuk integrasi dengan layanan biometrik apa dan kapan. Juga bisa dicek pada listing tersebut nantinya.

Jadi apabila token sudah digunakan oleh PTK, maka akan tampil kode token dan waktu diintegrasikan seperti pada gambar di bawah ini.

integrasi masook

Kesimpulan

Demikianlah cara mudah untuk membuat token di Simpatika agar dapat kita gunakan untuk mengintegrasikan presensi dengan aplikasi Masook. Adapun cara install Aplikasi Masook sampai dengan memasukkan cara memasukkan tokennya silahkan anda baca di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya