Cara Restore WordPress dari Backup Database MySQL

Cara Restore WordPress dari Backup Database MySQL

Farazinux.com – Cara Restore WordPress dari Backup Database MySQL dengan sangat mudah dan teruji. Karena permasalahan yang mungkin pernah terjadi adalah server terserang malware. Sedangkan kita hanya memiliki backup database. Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mengembalikan website berbasis WordPress dari backup MySQL.

Sebagai catatan, dengan cara ini masih ada kemungkinan website tidak pulih 100% seperti sediakala. Dikarenakan asset gambar dan dokumen yang terupload di website tidak terbackup. Meskipun demikian, anda tetap dapat mengembalikan website WordPress dari backup MySQL.

Langkah-langkah Restore WordPress

Restore Database MySQL

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merestore database MySQL. Anda dapat memanfaatkan phpmyadmin, atau menggunakan software pengelola database lainnya seperti Navicate atau HeidiSQL. Untuk pengguna PhpMyAdmin dapat langsung membuka sampai menampilkan seperti ini.

Baca Juga  Cara Install Wordpress di VPS Ubuntu Linux
Restore MySQL dengan PhpMyAdmin

Anda harus membuat database baru untuk merestore backup database PhpMyAdmin. Kemudian melanjutkannya dengan merestore databasenya seperti ini.

Pilih file backup MySQL

Setelah memilih file backup MySQL kemudian geser ke bawah dan klik tombol kirim atau send untuk memproses restore.

Restore WordPress

Install Kembali Plugin dan Tema

Mengembalikan Gambar yang Hilang

You might also like