Download Logo, Maskot dan Panduan POSPENAS 2022

Download Logo, Maskot dan Panduan POSPENAS 2022

Logo Pospenas 2022 Pospenas (Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional) ke IX tahun 2022 akan diselenggarakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut merupakan perwujudan santri pondok pesantren selain mengaji dan mengkaji ilmu agama, tetap berkemampuan berkiprah di bidang olahraga dan seni.

Dalam Pospenas IX 2022 ada 2 bidang yang akan diperlombakan dan dipertandingkan. Pertama adalah bidang olahraga dan kedua adalah bidang seni. Oleh karena itu, Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren menjadi media ruang besar bagi santri peminat kebugaran jasmani dan seni untuk unjuk prestasi dalam mengembangkan keahlian karakteristik mereka melalui olah tubuh dan olah rasa.

Tempat dan Waktu Penyelenggaraan Pospenas IX 2022

Tempat dan waktu pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX tahun 2022 sebagai berikut:

  1. Tempat penyelenggaraan POSPENAS IX tahun 2022 akan dilaksanakan di Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah.
  2. Waktu penyelenggaraan POSPENAS IX tahun 2022 pada tanggal 23 s.d 27 November 2022 didahului dengan Kirab Obor Santri Nusantara dari sumber api abadi Mrapen Grobogan sampai Kota Surakarta pada tanggal 21 s.d 22 November 2022.

Arti dan Makna Filosofi Logo dan Maskot Pospenas IX 2022

Gambar Maskot Pospenas IX 2022

Maskot Pospenas IX 2022 berbentuk gambar elang jawa. Elang Jawa melambangkan kegagahan, kemandirian, kompetitif, dan ketangguhan. Elang juga memiliki mata yang tajam dan luas (visioner). Diharapkan dapat menginspirasi peserta POSPENAS IX Tahun 2022.

Filosofi Maskot Pospenas IX 2022

Berikut adalah filosofi dari logo “Eljawa” POSPENAS IX Tahun 2022:

1. Obor :

merupakan logo resmi POSPENAS

2. Sayap terbuka: 

mengajak untuk transparan, akuntabel, obyektif, sportif, dan bekerja keras dalam penyelenggaraan POSPENAS IX Tahun 2022

3. Pakaian Adat :

menunjukkan identitas Jawa Tengah, bahwa POSPENAS IX Tahun 2022 dilaksanakan di Provinsi Jawa Tengah.

4. Blangkon :

Istilah blangkon berasal dari kata ‘blangko’, dipakai untuk merujuk pada sesuatu yang siap pakai. Sebab awalnya penutup kepala ini memang tidak bisa langsung dipakai begitu saja. Melainkan diikat melalui proses pembuatan simpul yang cukup rumit. Blangkon mengisyaratkan jagad gedhe, sedangkan kepala yang ditumpanginya mengisyaratkan jagad alit. Sebab dalam peranan manusia sebagai khalifah, kita membutuhkan kekuatan Tuhan. Blangkon menyimbolkan kekuatan Tuhan yang diperlukan bila manusia ingin menjalankan tugasnya untuk mengurus alam semesta.

5. Beskap :

merupakan bagian dari pakaian Jawi Jangkep. Namun seiring berjalannya waktu, beskap seringkali dipakai oleh pria secara terpisah. Warna kain yang sering digunakan untuk membuat beskap adalah polos atau hitam. Dengan desain sederhana dan kerah lurus tanpa lipatan, model beskap dibuat tidak simetris sebagai berjaga-jaga untuk menyimpan keris. Motif merah putih menggambarkan nasionalisme dan menjunjung tinggi keutuhan NKRI.

6. Keris:

merupakan salah satu senjata tradisional Jawa Tengah adalah keris. Gagang keris dibuat menghadap ke kanan sebagai perlambang kecenderungan terhadap kebenaran. Kemudian ujung gagangnya seakan menunduk ke bawah untuk menandakan kerendahan hati manusia yang membawanya. Meskipun membawa senjata, pria yang menggunakan keris harus memiliki kerendahan hati.

7. Bawahan Batik Kawung :

motif batik kawung pada kain sarung memiliki makna penggambaran terjadinya kehidupan manusia. Penggunaan motif batik kawung juga memiliki pesan bagi penggunanya agar tak melupakan asal-usulnya. Selain itu, motif batik kawung juga menjadi lambang keperkasaan dan keadilan, melaksanakan tugas dengan ikhlas tanpa pamrih.

8. Sandal Selop (Canela) :

canela singkatan dari kata “canthelna jroning nala” yang artinya peganglah kuat dalam hatimu. Canela dikenakan sebagai alas kaki yang memiliki makna bahwa dalam menyembah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, hendaklah dari lahir sampai batin. Dalam hati hanyalah sumeleh (pasrah) kepada kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Selop digunakan untuk menutup jari kaki, sedangkan bagian belakang tumit terbuka.

Makna Logo Pospenas IX 2022

  1. Ide Dasar
    Bersatu, Semangat dan Energik.
  2. Konsep
    Sebuah event yang mempersatukan, yang diaplikasikan pada bentuk sebuah obor yang sedang bergerak maju menuju garis finish (tujuan bersama menyangkut visi dan misi POSPENAS).
  3. Bentuk
    Bentuk obor yang dililit pita melambangkan sebuah gerakan dengan ikatan kebersama yang kuat, dibuat dengan tarikan garis yang sederhana agar mudah dicerna oleh siapa saja, mudah untuk dibuat dan eye catching serta modern.
    • a. Bentuk api dibuat dari penyederhanaan bentuk laki-laki dan perempuan yang sedang menggapai bulan dan bintang (symbol Islam) yang melambangkan cita-cita atau tujuan
      hidup bersama.
    • b. Bentuk font atau huruf dengan stroke italic memberikan kesan bergerak maju merespon bentuk utama (obor), melambangkan siap merespon segala hal yang bergerak maju dan positif.
  4. Warna
    Warna terdiri dari 3 (tiga) warna utama. Melambangkan 3 (tiga) hubungan yaitu hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Sang Khalik.
    • a. Warna hijau melambangkan segar, alami dan sejuk serta statement umum mengenai keislaman.
    • b. Warna orange/emas melambangkan kehangatan antar peserta keharmonisan serta sebuah tujuan yang mulia.
    • c. Warna merah melambangkan semangat yang kuat serta kokoh dalam meraih cita-cita.

Tema Pospenas IX 2022

Tema dalam Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX tahun 2022 di Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah adalah :

“Gerak Santri, Bangkit Negeri”

File logo, maskot dapat anda unduh dalam berbagai versi file. Anda dapat memilih file cdr, png, jpeg maupun psd. Sedangkan untuk juknis anda dapat mengunduh dalam versi PDF.

Silahkan anda pilih file yang sesuai dengan keinginan anda dengan cara klik dari daftar file yang kami sediakan di google driver di bawah ini. Anda dapat memanfaatkan file tersebut untuk membuat spanduk, baliho, banner, pamflet maupun desain lain untuk keperluan Pospenas IX 2022.

Demikian Logo Pospenas 2022 beserta desain maskot dan juknisnya. Anda dapat mengunjungi farazinux.com untuk selalu mendapatkan update terbaru. Selamat berlomba dan bertanding. Maju terus Pondok Pesantren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya