Download Nashkah Khutbah Jum’at – Renungan Awal Tahun

Khutbah jum’at tema renungan awal tahunNaskah khutbah Jum’at yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh seorang khotib. Dengan khutbah yang up to date, maka diharapkan mampu meningkatkan kualitas sholat Jum’at.

Saat menyampaikan khutbah jum’at, sering kali khotib sudah berusaha maksimal. Namun, para jama’ah jum’at kurang begitu bisa memahami isi kandungan dari khutbah jum’at yang disampaikan. Selain itu, banyak juga jamaah sholat jum’at yang terasa ngantuk, bahkan sampai tertidur.

Oleh karena itu, naskah khutbah jum’at yang berkualitas dan up to date, diharapkan dapat mengurangi permasalahan tersebut. Khotib yang menyampaikan informasi yang up to date dan relevan dengan kondisi sangat diharapkan, agar jamaah sholat jum’at dapat lebih serius dan memahami isi dari khutbah jum’at.

Pada kesempatan kali ini, kami sediakan naskah khutbah jum’at dalam format word (docx) dan pdf. Layout sudah kami atur satu lembar kertas untuk dua halaman. Sehingga dapat dilipat ataupun dipotong menjadi dua. Hal tersebut kami maksudkan agar naskah khutbah jum’at ringkas seperti buku dan mudah untuk disimpan maupun dibaca oleh khotib.

Kami siapkan naskah khutbah jum’at dalam dua jenis file. Anda dapat mengunduh file doc atau docx (Ms. Word) yang masih dapat diedit dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Selain itu anda juga dapat mengunduh file tipe pdf yang siap untuk dicetak.

1. File Word (doc / docx)

Silahkan klik tombol atau button download di bawah ini untuk mengunduh file dalam tipe docx. Anda dapat mengolah dengan aplikasi Microsoft Word.

Karena file tersimpan di google drive, maka silakan anda download terlebih dahulu sebelum mengedit. Karena kemungkinan file akan otomatis terbuka dengan aplikasi Google Docs.

2. File PDF

Selain berformat Word, kami sediakan pula naskah khutbah jum’at dalam format pdf. Dengan file pdf ini anda akan dengan mudah mencetak file naskah khutbah jum’at ini. Silahkan klik tombol atau button download di bawah ini.

File kami simpan pula dalam google drive, sehingga anda pasti akan lebih mudah dan anti macet dalam mendownloadnya. Anda juga dapat langsung mencetak tanpa harus mendownload terlebih dahulu.

Cara Menggunakan File Naskah Khutbah

Tips Mendownload Naskah Khutbah Jum’at

Karena file tersimpan dalam google drive, berikut ini adalah cara mengunduh file naskah khutbah jum’at.

  • Klik button atau tombol download di atas, baik pdf maupun word (sesuaikan dengan yang akan anda download)
  • Setelah terbuka seperti di bawah ini klik icon download bagi yang mengunduh dengan tipe pdf
cara download file pdf naskah khutbah jum'at awal tahun
  • Sedangkan bila anda memilih untuk mengunduh file dalam tipe word, untuk mengunduhnya setelah klik tombol download di atas, ikuti seperti gambar di bawah ini.
Cara unduh naskah khutbah jum'at tahun baru format doc

Demikianlah cara mengunduh file khutbah jum’at dalam rangka renungan awal tahun.

Cara Mencetak Naskah Khutbah Jum’at

Setelah kita berhasil mengunduh, kita dapat pula mencetak file tersebut. Walaupun, khotib dapat pula khutbah dengan naskah di HP atau tablet dengan membuka file tersebut.

Adapun cara mencetak file pdf naskah khutbah jum’at tersebut adalah sebagai berikut:

  • Klik icon atau tombol printer seperti ditunjukkan gambar di bawah ini.
icon cetak naskah khutbah juma't
  • Atur pencetakan seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Pengaturan cetak naskah khutbah jum'at tahun baru

Pastikan pengaturan seperti yang penulsi tandai dengan kotak merah. Paper per sheet 2 agar tercetak satu lembar dua halaman, dan fit to paper agar diatur secara otomatis menyesuaikan lebar dan tinggi kertas.

Sedangkan untuk pengaturan bila anda menggunakan Microsoft Word untuk file doc atau docx kurang lebih sama. Apabila mengalamai kendala, silahkan tulis pada kolom komentar.

Sumber naskah khutbah jum’at kami ambil dari laman nu.or.id. Selamat tahun baru, semoga di tahun 2023 ini kita semua dalam rahmat, ridlo dan lindungan Allah SWT. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

Twibbon Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah

Tahun baru Islam hijriyah dihitung dari hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Sedangkan kalender hijriyah mulai disusun di era khalifah Umar bin Khotob. Kemeriahan tahun baru hijriyah 1444 akan lebih lengkap dengan twibbon yang bersahaja. Berikut ini kami rangkum beberapa twibbon terbaik untuk memeriahkan tahun baru hijriyah 1444. Daftar Isi−Twibbon Tahun Baru Hijriyah Bingkai EmasTwibbon […]

Doa Bulan Rajab: Arab, Latin dan Artinya

Doa adalah kekuatan terbesar manusia untuk memohon pertolongan kepada Tuhannya. Karena dengan doa, manusia berharap mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Apalagi di bulan-bulan yang diutamakan, seperti bulan Rajab ini. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan dari 4 bulan yang memiliki keutamaan. Penjelasan mengenai keutamaan bulan Rajab dapat anda baca selengkapnya di […]

6 Peristiwa Penting Bersejarah di Bulan Rajab

Peristiwa penting bulan Rajab – Tidak hanya salah satu bulan yang mulia. Pada bulan Rajab juga terdapat setidaknya 6 peristiwa yang sangat penting dan bersejarah. Peristiwa bersejarah yang diingat oleh umat Islam dan Nahdliyin, yaitu Sayyidah Siti Aminah mengandung Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, perang Tabuk, Pembebasan Baitul Maqdis Palestina oleh Shalahuddin Al-Ayyubi, wafatnya Imam […]