Download Naskah Khutbah Idul Fitri 2023 | File PDF & Word

Download Naskah Khutbah Idul Fitri 2023 – Dalam sholat ied (idul fitri), seperti halnya sholat jum’at juga dilaksanakan khutbah. Namun, ada beberapa hal yang berbeda antara khutbah idul fitri dan khutbah jum’at.

Persamaan khutbah ied dengan khutbah jum’at adalah rukun khutbahnya. Di mana rukun khutbah yaitu memuji Allah, membaca shalawat, berwasiat tentang takwa, membaca ayat Al-Qur’an pada salah satu khutbah, serta mendoakan kaum Muslimin pada khutbah kedua.

Berbeda dengan khutbah jum’at yang dilaksanakan sebelum sholat jum’at. Khutbah sholat ied dilaksanakan setelah sholat ied. Pada khutbah pertama khatib disunnahkan untuk memulainya dengan membaca takbir sebanyak sembilan kali, sementara pada khutbah kedua membukanya dengan takbir sebanyak tujuh kali.

Pada tahun 2023 yang bertepatan dengan Idul Fitri 1444 H ini terjadi perbedaan hari raya idul fitri. Muhammadiyah menetapkan tanggal 1 Syawwal 1444 H bertepatan dengan hari Jum’at 21 April 2023. Sedangkan Pemerintah melalui Kementerian Agama berdasarkan sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1444 H bertepatan dengan hari Sabtu, 22 April 2023.

Isi Naskah Khutbah Idul Fitri 1444

Khutbah idul fitri 1444 H / 2023 M ini terdiri dari khutbah 1 dan khutbah 2. Pada khutbah 1 diawali dengan membaca takbir sebanyak sembilan kali. Kemudian dilanjutkan dengan membaca tahmid dan tasbih. Selanjutnya khatib juga membaca tahlil, membaca sholawat, berwasiat untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan dan membaca ayat al-Qur’an.

Pada isi khutbah ied, khatib menyampaikan dalam bahasa Indonesia. Berisi ajakan untuk bersyukur telah dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Sehingga dapat dipertemukan dengan hari raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M.

Dalam isi khutbah tersebut, khatib menyampaikan umat Islam sudah sepatutnya adalah calon penghuni surga. Amat bodoh bila ada umat Islam yang sampai tidak masuk surga. Karena kunci surga sudah diberikan Allah SWT, yaitu kalimah la ilaha illa Allah.

Sedangkan pada khutbah ke dua, khatib mengawali dengan membaca takbir sebanyak tujuh kali. Dilanjutkan dengan membaca tahmid, sholawat, berwasiat taqwa, dan membaca ayat Al-Qur’an.

Setelah itu khatib berdoa meminta ampunan dan sebagainya. Lebih jelasnya silahkan unduh atau baca naskah khutbah idul fitri di bawah ini.

Download File PDF

Anda juga dapat mengunduh file pdf naskah khutbah idul fitri 2023 dengan klik tombol download di bawah ini.

Download File Word DOCX

Atau apabila anda ingin memodifikasi khutbah Idul Fitri 1444 H dengan bahasa yang lebih indah. Anda dapat mengunduh naskah khutbah ied berikut dalam bentuk file word docx. Silahkan klik button di bawah ini.

Demikianlah naskah khutbah Idul Fitri 1444 H untuk dapat disampaikan oleh khotib. Naskah asli dari khutbah idul fitri 1444 tersebut bersumber dari nu.or.id.

Keluarga besar Farazinux.com mengucapkan Selamat Idul Fitri 1444 H / 2023 M, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

sepi ing pamrih, rame ing gawe