Hari Pahlawan 10 November Libur atau Tidak?

Hari pahlawan 10 November – Salah satu tanggal penting bagi masyarakat Indonesia adalah 10 November. Karena pada tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan.

Namun, apakah di hari pahlawan tersebut merupakan hari libur? Terutama pada tanggal 10 November 2023 ini, apakah pemerintah menetapkannya sebagai salah satu hari libur?

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November

Bangsa Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di Jl. Kebangsaan Timur Jakarta oleh Ir. Soekarno, dr. Moh. Hatta dan para pejuang kemerdekaan.

Namun, Belanda, Inggris dan sekutu pasti tidak tinggal diam atas kemerdekaan Indonesia tersebut. Karena pada perang dunia ke 2, sekutu merupakan pihak yang menang perang. Sedangkan Jepang yang merupakan penjajah Indonesia pada saat itu adalah pihak yang kalah perang.

Keputusan PBB saat itu, pihak yang menang dalam perang dunia ke 2 dapat memperoleh negara jajahan pihak yang kalah. Sehingga Belanda, Inggris dan sekutu sudah pasti menyerbu Indonesia yang kala itu merupakan negara jajahan Jepang dan bekas jajahan Belanda yang sebelumnya dikalahkan Jepang.

Karena NICA datang kembali menyerbu menjajah Indonesia, Hadratusy Syaikh Hasyim Asy’ari menyerukan seluruh santri, pemuda dalam radius 40 kilometer dari Surabaya wajib berjihat perang melawan dan mengusir penjajah. Sehingga kala itu 22 Oktober ditetapkan oleh presiden Joko Widodo sebagai hari santri. Lebih lanjut tentang hari santri silahkan anda baca dengan klik di sini.

Wujud dari kepatuhan para santri dan pejuang di sekitar Surabaya dengan seruan K. H. Hasyim Asy’ari tersebut adalah perlawanan yang sangat sengit. Sehingga pada tanggal 10 November 1945 terjadilah perang yang sangat luar biasa di Surabaya. Sehingga pada tanggal 10 November tersebut kita peringati sebagai hari Pahlawan.

Apakah 10 November 2023 Libur?

Tanggal 10 Noveber merupakan salah satu hari penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena pada tanggal 10 November kita peringati hari pahlawan, salah satu peringatan hari besar nasional. Beberapa cara kita memperingati hari pahlawan adalah dengan kegiatan berikut ini.

  • Mengikuti upacara bendera
  • Berziarah ke makam pahlawan
  • Mendengarkan cerita tentang perjuangan para pahlawan
  • Membaca buku tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia
  • Mengikuti lomba-lomba yang bertemakan Hari Pahlawan

Akan tetapi walaupun merupakan salah satu hari besar nasional, 10 November 2023 BUKAN HARI LIBUR. Semoga pahlawan yang telah gugur mendahului kita mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Anda juga dapat membaca berita dan artikel terbaru farazinux.com ini via google news. Silahkan klik di sini untuk mendapatkan update terbaru via google news.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

sepi ing pamrih, rame ing gawe