Keseruan Nonton Bola (AFF U16) di Stadion Maguwoharjo

Keseruan Nonton Bola (AFF U16) di Stadion Maguwoharjo

Serunya nonton bola di stadion ternyata berbeda. Saya adalah salah seorang yang tidak menyukai nonton bola. Bahkan saya salah seorang pria yang berusia di atas 30 tahun yang belum pernah menonton pertandingan sepak bola di televisi dari mulai sampai akhir pertandingan.

Akan tetapi, semua itu berubah ketika saya diajak teman menonton bola secara langsung di stadion. Ya, walaupun berangkat dengan awalnya hanya pengen mendukung anak-anak muda Indonesia yang berlaga mempertaruhkan nama bangsa Indonesia.

Menonton bola saat pertandingan Indonesia vs Vietnam di laga penentuan group penyisihan AFF U16. Saat tiba di stadion Maguwoharjo Sleman ternyata sudah mulai dipadati penonton.

Jumlah penonton saat laga pertandingan Indonesia vs Vietnam lebih dari 10 ribu penonton. Walau belum mencapai kapasitas maksimal, ternyata atmosfer dukungan terhadap team squad merah putih sangat luar baisa.

Tak seperti menonton pertandingan sepak bola di televisi. Greget, semangat dan gelora rasa bangga dan ingin membela tanah air sangat terasa. Apalagi saat pertandingan berlangsung sengit dan timnas Indonesia sepertinya mendapatkan perlakuan yang kurang adil. Wah… langsung seperti naik darah ini.

Jalannya Laga Pertandingan Babak Pertama Indonesia vs Vietnam

Pada laga babak pertama pertandingan Indonesia vs Vietnam, terasa semua tim saling serang. Momen-momen menegangkan saat bola mendekati gawang baik vietnam mapun Indonesia sangat terasa.

Apalagi di menit-menit akhir, ternyata serangan tim Vietnam berhasil menggetarkan gawang Indonesia. Sangat sedih, sangat geregetan, bahkan sorak ingin menangis pun terasa.

Babak pertama pertandingan Indonesia vs Vietnam tersebut sempat membuat pilu seluruh penonton. Bahkan tak ayal berfikiran buruk tentang hal ini. Karena tim Indonesia saat sudah kebobolan sering menjadi down mental.

Angin Segar Membalik Keadaan di Babak 2 Indonesia vs Vietnam

Babak kedua, dengan harapan baru para penonton pun dimulai. Timnas Indonesia yang diisi anak-anak muda kami optimis dapat membalikkan keadaan.

Benar saja, di babak kedua awal pertandingan anak asuhan Bima Sakti ini mampu menyamakan skor. Tendangan pemain Indonesia mampu menggetarkan gawang Vietnam.

Sorak sorai kegembiraan dari pemain sampai dengan penonton dan supporter pun menggema di seantero Stadion Maguwoharjo Sleman ini. Rasa kebangkitan pada diri pemain dan supporter pun menggelora.

Dengan semangat telah dapat menyamakan kedudukan, beberapa menit kemudian timnas U16 Indonesia pun membalikkan keadaan dengan kembali menggetarkan gawang Vietnam. Dengan keunggulan 2 : 1, Indonesia berhasil mempertahankan kedudukan sampai dengan akhir pertandingan.

Menyaksikan Pertandingan Semi Final (Indonesia vs Myanmar)

Setelah menjadi juara grop, Indonesia harus bertemu dengan Myanmar di Semi Final. Walaupun di atas kertas timnas Indonesia lebih unggul, tetapi jangan sampai hal tersebut menjadi kelengahan bagi timnas U16 Indonesia. Karena tentunya Myanmar akan mengerahkan segala daya dan upaya untuk dapat menaklukkan timnas U16 Indonesia.

Benar saja, di menit-menit terakhir seperti laga Indonesia vs Vietnam, gawang Indonesia berhasil digetarkan oleh tim Myanmar setelah dengan memanfaatkan momentum tendangan bebas.

Di babak pertama tim U16 Myanmar memang sepertinya sangat tertekan sehingga bermain sangat defensif. Bahkan sampai 6 pemain bermain di lini pertahanan. Beberapa kali timnas U16 Indonesia berkesempatan menendang bola ke gawang Myanmar.

Namun, kesempatan menyerang balik tim U16 Myanmar ternyata berhasil menggetarkan gawang timnas U16 Indonesia. Hal ini memang sangat memilukan di akhir pertandingan babak pertama semi final U16 Indonesia vs Myanmar.

Akhirnya di babak ke dua timnas U16 berhasil dengan gemilang menyamakan kedudukan. Akan tetapi, sangat disayangkan samapi dengan akhir pertandingan kedudukan 1:1 tidak berubah.

Dengan keadaan 1:1 ini, tentunya harus diakhiri dengan tendangan pinalti. Dug dug der… hal ini membuat jantung berdegub lebih kencang ketika harus diakhiri dengan tendangan pinalti.

Apalagi dalam pertandingan, penjaga gawang Myanmar terkesan selalu mantab dalam menangani bola-bola yang akan membobol gawangnya.

Namun, berkat rahmat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan perjuangan para pemain U16 Indonesia, pinalti dapat diakhiri dengan 5:4 dengan kemenangan timnas U16 Indonesia.

Nah, karena nonton di stadion Maguwoharjo, sudah pasti penulis dapat merekam momen-momen tendangan pinalti. Silahkan disimak pada video-video di bawah ini.

Tendangan Pinalti Pertama Timnas U16 Myanmar
Tendangan Pinalti Pertama Timnas U16 Indonesia
Tendangan Kedua Myanmar
Tendangan Kedua TIMNAS Indonesia
Tendangan Ketiga Myanmar
Tendangan Ketiga Indonesia
Tendangan Myanmar Gagal Goal
Tendangan Keempat Indonesia
Tendangan Pinalti Myanmar Terakhir
Tendangan Pinalti Terakhir Indonesia vs Myanmar

Laga Final AFF U16

Pada laga final AFF U16 ini hanya bisa menikmati pertandingan di layar kaca. Sehingga penulis kembali tidak terlalu menyaksikan pertandingan.

Memang keseruan nonton bola di stadion secara langsung tidak dapat disamakan dengan menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi atau streaming.

Selamat Indonesia telah meraih juara di AFF U16 sebagai kado indah di HUT RI Ke 77 ini. Semoga selanjutnya dapat lebih baik dan berkembang. Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Menarik Lainnya