Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke 19 Ramadhan

Keutamaan sholat tarawih malam ke 19 – Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam bulan suci Ramadhan. Kita dapat menjelankan sholat tarawih dengan cara berjamaah ataupun sendirian.

Karena banyaknya fadlilah atau keutamaan sholat tarawih, maka sholat ini sangat dianjurkan. Apalagi di bulan suci Ramadhan ini, tentu kita akan berusaha keras dan berlomba-lomba untuk meraih keutamaan bulan suci Ramadhan.

Pengertian Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadhan. Ibadah ini dilakukan setelah sholat Isya dan sebelum sholat subuh. Sholat tarawih dilakukan dalam rangka menghormati bulan suci Ramadhan dan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah bersama keluarga. Jumlah rakaat sholat tarawih bervariasi, tergantung pada mazhab yang dianut. Biasanya, sholat tarawih dilakukan dalam 8, atau 20 rakaat. Setiap dua rakaat dilakukan satu kali salam, dan pada akhir sholat tarawih dilakukan salam terakhir.

Sholat tarawih tidak diwajibkan oleh Allah SWT atau Rasulullah SAW, namun merupakan suatu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, antara lain mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, menjalin silaturahmi dengan sesama muslim, dan mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Oleh karena itu, sholat tarawih sangat dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan. Sholat tarawih juga menjadi salah satu momen di mana umat muslim dapat berkumpul bersama untuk beribadah dan memperkuat silaturahmi. Dalam pelaksanaannya, sholat tarawih dapat menjadi sarana untuk memperdalam keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta meningkatkan kualitas ibadah selama bulan suci Ramadhan.

Sejarah Singkat Sholat Tarawih

Pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab, beliau melihat umat Islam sholat tarawih secara terpisah-pisah dan menganggap hal tersebut tidak efektif. Oleh karena itu, Khalifah Umar memerintahkan agar umat Islam sholat tarawih secara berjamaah di masjid. Beliau juga menetapkan jumlah rakaat sholat tarawih sebanyak 20 rakaat, yang kemudian diikuti oleh mayoritas umat Islam.

Namun, terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai jumlah rakaat sholat tarawih yang harus dilakukan. Mazhab Syafi’i dan Hambali menetapkan jumlah rakaat sholat tarawih sebanyak 20 rakaat, sedangkan mazhab Maliki menetapkan jumlah rakaat sebanyak 36 rakaat. Sementara itu, mazhab Hanafi menetapkan jumlah rakaat sholat tarawih sebanyak 8 rakaat.

Meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai jumlah rakaat sholat tarawih, namun semua mazhab sepakat bahwa sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Selain itu, sholat tarawih juga memiliki banyak keutamaan, antara lain mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, menjalin silaturahmi dengan sesama muslim, dan mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, sholat tarawih sangat dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan.

Tata Cara Sholat Tarawih

Kita disunnahkan menjalankan sholat tarawih setelah sholat isya’ pada malam bulan suci Ramadhan. Mengenai jumlah rakaat memang terjadi perbedaan pendapat ulama. Sebagian umat Islam Indonesia mengerjakan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat, dan sebagian lagi mengikuti madzhab yang menganjurkan sholat tarawih sebanyak 8 rakaat.

Mengenai perbedaan jumlah rakaat ini tidak perlu kita panjang lebarkan dan permasalahkan. Karena keduanya memiliki dasar yang jelas. Namun, warga nahdliyin lebih condong untuk mengerjakan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat dengan setiap 2 rakaat salam kemudian diikuti dengan 3 rakaat sholat witir.

Fadhilah atau Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke 19

وفى الليلة التاسعة عشرة يرفع الله درجاته فى الفردوس

Artinya : Pada malam yang ke 19, ALLAH akan mengangkat derajat-derajat yang tarawih di surga firdaus.

Demikianlah keutamaan fadhilah atau keutamaan sholat tarawih malam ke 19. Selengkapnya tentang fadhilah atau keutamaan sholat tarawih dapat anda klik di sini. Selamat menunaikan ibadah puasa dan ibadah sholat tarawih Ramadhan. Semoga kita senantiasa mendapatkan peningkatkan ketaqwaan. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

sepi ing pamrih, rame ing gawe