Optimasi Layanan Simpatika 2022

Optimasi Layanan Simpatika 2022

Optimasi layanan Simpatika (aplikasi GTK madrasah Kementerian Agama) di tahun 2022. Hal ini sesuai edaran Dirjen Pendis nomor B-312/Dt.I.II/KS.02/04/2022 tanggal 19 April 2022.

Beberapa hal yang disampaikan dalam surat edaran optimasi Simpatika 2022 tersebut adalah :

  1. Setiap guru dan tenaga kependidikan madrasah wajib terdaftar dan terdata secara updated seluruh data individu dengan baik dan diakses secara mandiri melalui Simpatika pada laman https://simpatika.kemenag.go.id, kerena data pribadi guru bersifat rahasia sehingga tidak boleh diketahui oleh orang lain;
  2. Data individu yang dimaksud pada poin satu di atas dipastikan sesuai dengan data yang tercantum di dalam KTP, Kartu Keluarga dan dokumen terkait yang meliputi penulisan gelar dan lainnya; KTP dan Kartu Keluarga di upload di Simpatika untuk meningkatkan kualitas dan validitas data individu.
  3. Seluruh Kepala Madrasah wajib melakukan identifikasi data kebutuhan guru secara periodik melalui laman https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah/kebutuhan-guru. Bagi madrasah yang kelebihan guru, tidak diperkenankan mengangkat guru baru. Adapun madrasah yang masih mengalami kekurangan guru, segera berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan/atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  4. Seluruh Madrasah wajib menganalisis data kebutuhan guru tersebut sampai tanggal 30 Juni 2022 dan melakukan koordinasi intensif secara berjenjang dengan Kankemenag Kabupaten / Kota dan Kanwil Kemenag Provinsi.
  5. Tata kelola layanan penghitungan selisih tunjangan kinerja berbasis digital bagi guru PNS akan dirilis mulai tahun pelajaran akademik 2022/2023.
Baca Juga  Persyaratan Hafalan Al Qur`an

Ada 5 point penting di atas, terutama pada point 5 sepertinya ada kemungkinan yang selama ini TGP + Selisih tukin akan dikonversi menjadi tukin. Atau paling tidak, selisih tukin akan berbasis Simpatika.

Untuk surat resminya silahkan dibaca pada file pdf di bawah ini.

You might also like