5 Distro Linux Terbaik untuk Pemula 2022

5 Distro Linux Terbaik untuk Pemula 2022

5 Distro Linux Terbaik 2022 – Linux saat ini menjadi pilihan alternatif pengguna komputer. Selain opensource, berlisensi bebas juga sudah sangat mudah digunakan.

Tidak seperti tahun-tahun awal adanya Linux. Dahulu Linux dikenal sebagai sistem operasi yang hanya berbasis teks, sehingga sangat sulit pengoperasiannya.

Akan tetapi, saat ini sudah ada ratusan bahkan ribuan distro Linux yang dikembangkan. Baik perseorangan, komunitas bahkan korporasi atau perusahaan sudah banyak yang mengembangkan sistem operasi Linux.

Banyaknya Distro (varian) Linux ini, selain mempermudah juga ternyata mempersulit. Mempermudah karena dengan distro tertentu sudah dikustomisasi sedemikian rupa sehingga optimal untuk pekerjaan tertentu.

Akan tetapi, akan terasa sulit mana kala titik beratnya adalah memilih. Di awal saja pengguna sudah merasa pusing dengan banyaknya pilihan distro Linux.

Nah, kali ini admin akan bagikan 5 Distro Linux terbaik di tahun 2022 ini. Disklaimer bahwa ini adalah asumsi penulis ya, jadi keputusan memilih tetap ada pada anda semua.

Linux Mint (Paling TOP untuk Pemula)

Apa yang harus dilakukan pengguna komputer yang sudah bosan dengan Windows 10? Ingin tetap seperti Windows XP atau Windows 7 tetapi yang berteknologi mutakhir? Mereka harus beralih ke Linux Mint, khususnya versi yang menggunakan antarmuka Cinnamon.

Tidak seperti Chrome OS, Linux Mint dengan Cinnamon sangat mirip dengan XP atau Windows 7. Distro Linux ini menggunakan antarmuka Windows Icon, Menu, dan Pointer seperti yang mungkin sudah Anda kenal dan sukai. Ini bukan pertandingan satu lawan satu dengan XP atau Windows 7, tetapi sebagian besar pengguna Windows akan menganggap Cinnamon mirip sekali dengan Windows 7.

Baca Juga  Cara Download Lagu, Video dan Film dari Youtube

Pengguna Linux yang sudah terbiasa dengan antarmuka gaya GNOME 2.x juga akan menyukai Cinnamon. Alternatif lain yang bermanfaat bagi orang-orang yang menyukai GNOME 2.x.

Desktop Environment yang juga terintegrasi ke dalam Mint, adalah MATE. Sementara Cinnamon bertumpu pada dasar desktop GNOME 3.x, MATE yang dikembangkan dari GNOME 2x juga tersedia di Mint.

Linux Mint

Bagaimanapun, sistem operasi desktop Linux favorit saya saat ini adalah Linux Mint 20.2. Saya bisa sangat merekomendasikannya kepada siapa pun. Saya yakin pengguna pemula Linux akan sangat menyukai tampilan dan kemudahan Linux Mint.

Linux Mint memang dikembangkan dari distro besar Ubuntu. Akan tetapi, Linux Mint memiliki keunggulan dengan banyaknya Codex yang sudah tertanam pada Linux Mint. Sehingga, pengguna tidak lagi akan susah dalam menikmati multimedia dalam berbagai format.

Anda dapat mengunduh Linux Mint versi terbaru secara gratis di situs resminya. Link download Linux Mint terbaru https://linuxmint.com/download.php.

Manjaro KDE Plasma

Manjaro Linux KDE Edition adalah salah satu distro Linux dengan tampilan elegan terbaik saat ini. Berdasarkan Arch Linux, Manjaro KDE Edition menampilkan lingkungan desktop Stok KDE Plasma dengan beberapa tweak dan widget tambahan.

Palet warna hijau Manjaro memberi Anda tampilan dan nuansa segar. Anda dapat menyesuaikan lebih lanjut dengan alat dan pengaturan KDE bawaan dan mengubah ikon dan tema dari KDE Stores.

Manjaro KDE Edition adalah kombinasi sempurna antara kinerja dan keindahan dengan kekuatan Arch Linux. Dan ini adalah titik awal yang ideal untuk pengguna Arch Linux yang baru.

Baca Juga  Fitur Baru macOS Monterey - Cek Speed Internet

Zorin OS

Pilihan Kedua, jika Anda benar-benar tidak menyukai gagasan untuk mempelajari sedikit GNOME, cobalah Zorin OS. Ini didasarkan pada Ubuntu, seperti halnya Mint. Tetapi Anda dapat menggunakan aplikasi Zorin Appearance kustomnya untuk memberikan tampilan dan nuansa Windows pada desktop.

Inti dari keberadaan Zorin adalah untuk membantu Anda berpindah dari Windows, atau macOS, ke Linux. Terdapat 4 versi Zorin OS Muncul : edisi Core, Lite, dan Education gratis, sementara Ultimate, yang dapat menduplikasi tampilan dan nuansa macOS, berharga $39.

Edisi Core benar-benar memberi Anda semua yang Anda butuhkan, sementara versi Lite memberi mesin lama kesempatan hidup baru. Versi Education dilengkapi dengan program pendidikan pra-instal Versi terbaru dari ketiganya adalah Zorin OS 16.

Sistem operasi ini juga dilengkapi dengan dokumentasi yang dirancang untuk membantu Anda berpindah dari Windows ke Linux. Dukungan komunitasnya juga sudah lumayan luas.

Jadi Zorin OS memang pilihan yang tepat untuk dicoba, bahkan untuk dijadikan OS utama. Tampilan desktopnya tak mau kalah dibandingkan dengan Windows maupun macOS.

Elementary OS

ElementaryOS adalah salah satu distribusi Linux terindah saat ini berdasarkan rilis Ubuntu Long Term Support (LTS). Distribusi Linux ini menggunakan lingkungan Desktop Pantheon yang menakjubkan yang tampilan dan nuansanya terinspirasi oleh macOS.

Bagi pengguna macOS, tetapi pengen hijrah ke Linux, Elementary OS adalah pilihan yang tepat. Dengan kemudahan semudah menggunakan macOS, Elementary OS juga memiliki tampilan desktop yang mirip dengan macOS.

Keuntungan paling signifikan dari OS dasar adalah toko aplikasinya yang dikuratori. App Store memberi Anda semua kategori aplikasi yang dirancang khusus untuk OS dasar, yang terlihat dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga  Trik Download Video dan Lagu Youtube, Simple, Mudah dan Cepat

Anda dapat mendownloadnya langsung di web resmi Elementary OS.

Ubuntu

Menentukan distro yang terakhir ternyata cukup sulit. Karena banyaknya Distro Linux yang ada kebanyakan sekarang sangat user friendly bagi pengguna baru.

Akan tetapi, karena Ubuntu adalah sistem operasi Linux desktop yang lengkap, tersedia secara gratis dengan dukungan komunitas dan profesional. Serta Ubuntu Linux telah memiliki banyak distro turunan besar, maka sudah sepantasnya Ubuntu menjadi salah satu diantara 5 distro pilihan terbaik 2022.

Komunitas Ubuntu dibangun di atas ide-ide yang diabadikan dalam Manifesto Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia secara gratis, bahwa perangkat lunak harus dapat digunakan oleh orang-orang dalam bahasa lokal mereka dan terlepas dari kecacatan apa pun.

Ubuntu juga memiliki visi dan misi kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka dengan cara apa pun yang mereka inginkan. “Ubuntu” adalah kata Afrika kuno, yang berarti “kemanusiaan untuk orang lain”. Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.

Kesimpulan

Demikianlah deretan distro Linux terbaik untuk pemula di tahun 2022 ini. Walaupun masih ada ratusan bahkan ribuan distro Linux yang lain.

Akan tetapi, paling tidak ini adalah 5 distro Linux yang layak dicoba. Karena tampilan desktopnya pun sudah sangat keren dan elegan.

You might also like