Cara Meningkatkan Akurasi GPS Saat Presensi

Cara Meningkatkan Akurasi GPS Saat Presensi

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, berkembang pula cara suatu instansi atau perusahaan dalam memanagement karyawan atau pegawainya. Tetapi, absensi atau presensi online harus kita ketahui bagaimana cara meningkatkan akurasi GPS nya.

Salah satu perkembangan yang saat ini marak adalah cara presensi atau absensi pegawai dengan metode online. Salah satu presensi online atau absensi online yang digunakan adalah dengan menangkap titik koordinat lokasi pegawai dan atau foto pegawai.

Di beberapa kasus, sering pula terjadi pegawai sudah berada pada lokasi tempat kerja dan akan melakukan presensi, namun terdeteksi GPS lokasi terlalu jauh dari kantor.

Aplikasi presensi online Demak Kepenak

Nah, hal tersebut di atas tentunya tidak sepenuhnya disalahkan pada sistem aplikasi. Namun, perlu dicek pula perangkat HP yang digunakan.

Masing-masing vendor HP pintar (android dan iOS) sudah membekali perangkatnya dengan berbagai jenis GPS. Namun, kemampuan perangkat penerima sinyal GPS pada masing-masing perangkat HP tidaklah sama.

Tentunya HP lawas dan low end memiliki kemampuan menangkap sinyal GPS yang kurang baik. Sedangkan HP teranyar dan high end pastilah dibekali dengan kemampuan menangkap sinyal GPS yang sangat baik.

Tidak hanya perangkat HP nya, kualitas sinyal GPS juga sangat mempengaruhi akurasi titik lokasi GPS. Sehingga hal ini pula yang berdampak pada titik lokasi GPS yang dihasilkan pada perangkat HP kita.

Nah, agar lebih akurat maka tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Kalibrasi Google Maps GPS HP

Kalibrasi google maps agar google maps lebih cepat dalam menentukan posisi GPS kita. Tetapi hal ini tidak perlu dilakukan berulang kali setiap hari. Cukup anda lakukan kalibrasi ketika GPS susah ngelock lokasi.

Adapun cara kalbrasi google maps adalah sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi Google Maps. Tap Izinkan Lokasi jika telah tersedia.
  2. Tunggu beberapa saat sampai lokasi terkini Anda terdeteksi oleh Google Maps.
  3. Tap titik biru pada peta.
  4. Tap opsi Kalibrasikan Kompas.
  5. Ikuti petunjuk kalibrasi yang muncul.
  6. Sekarang pelacakan posisi HP Anda sudah ditingkatkan.

Setelah melakukan kalibrasi, sebaiknya anda juga melakukan cek adakah update aplikasi google maps di playstore. Untuk melakukan cek update google maps silahkan lakukan hal sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi Google Playstore.
  2. Cari Google Maps.
  3. Tap Update jika telah tersedia.

Membuka Aplikasi Google Maps Sebelum Presensi

Hasil presensi online sering kali menunjukkan jarak yang terlampau jauh dari kantor atau tempat kerja. Padahal pengguna merasa sudah berada pada lokasi tempat kerja.

Hal tersebut terjadi karena lokasi titik koordinat GPS pada perangkat HP nya belum berada pada titik yang tepat saat itu.

Nah, untuk mengantisipasi lokasi yang terlalu jauh, pastikan sebelum melakukan presensi online (contoh aplikasi presensi online Kemenag Demak Kepenak), sebaiknya anda membuka aplikasi google maps terlebih dahulu.

membuka google maps

Pastikan titik bulat biru mengecil dan fokus. Artinya GPS dengan akurasi yang baik, sehingga ketika anda presensi akurat dengan jarak yang tidak terlalu besar dengan titik lokasi kantor.

Ingat, membuka aplikasi google maps ini SEBELUM presensi ya. Bukan Setelah presensi.

Jika ada bulatan biru yang besar, tunggu sampai google maps mengakuratkan titik koordinatnya. Adapun untuk memancing agar lebih cepat mengakuratkan titik lokasi dapat dengan cara menekan tombol titik lokasi yang berada di bagian kanan bawah.

Apabila titik lokasi masih ada lingkaran besar, maka dapat dipastikan akurasi titik lokasi ketika presensi jauh dari kantor alias tidak pada titik yang sebenarnya.

Kesimpulan

Demikianlah cara meningkatkan akurasi GPS pada aplikasi presensi online. Tentunya terlepas dari tips dan trik di atas, kebutuhan perangkat yang lebih up to date atau lebih modern sangatlah dibutuhkan.

Masing-masing vendor perangkat HP tentunya sudah memiliki kemampuan GPS dengan berbagai kelas dan spesifikasi.

Saat melakukan presensi online sebaiknya tidak melakukannya dengan tergesa-gesa. Karena saat kita tergesa-gesa dan tidak mengindahkan cara meningkatkan akurasi GPS di atas, maka yang terjadi adalah hasil presensi online kita jauh dari kantor atau jauh dari tempat kerja.

Anda dapat mengunduh aplikasi presensi online Demak Kepenak di sini. Dengan aplikasi ini anda dapat melakukan presensi secara online dan dapat pula dimanfaatkan untuk mengisi Laporan Capaian Kinerja Harian secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya