Rumus Mengetahui Hari Pasaran dan Weton dengan Excel

Rumus Mengetahui Hari Pasaran dan Weton dengan Excel

Rumus hari dan weton dengan excel sangatlah mudah. Exel merupakan aplikasi keren yang terintegrasi dengan Microsoft Office lainnya. Salah satu keunggulan excel adalah mampu mengolah data dengan cepat dan mudah. Termasuk diantaranya adalah kemampuan membuat rumus hari dan weton.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat aplikasi atau rumus di excel untuk menentukan hari dan weton dengan cara memasukkan tanggal tertentu. Kita juga dapat menentukan bilangan hari dan weton untuk perhitungan hari jawa.

Sudah menjadi adat orang-orang jawa, bahwa hari dan pasaran untuk menghitung suatu bilangan hari. Perhitungan tersebut disusun sesuai dengan primbon jawa.

Pada primbon jawa, orang-orang jawa dahulu sudah membuat perhitungan dan “meramalkan” untuk berbagai keperluan. Ramalan orang-orang jawa sesuai dengan ilmu titen (kebiasaan) yang terjadi untuk kondisi hari dan pasaran tertentu.

1. Membuat Data Hari dan Pasaran

Hal pertama yang kita butuhkan adalah data referensi hari dan pasaran. Silahkan anda buat data hari, pasaran dan neptu seperti tampilan di bawah ini.

data hari, weton dan pasaran

Untuk letak data tersebut tidak harus sama dengan gambar di atas. Akan tetapi data yang anda masukkan harus sesuai dengan data pada gambar di atas.

2. Menamai Data Referensi

Langkah ke-2 setelah membuat data referensi hari, pasaran dan neptu adalah menentukan nama tabel tersebut. Anda dapat menamai tabel yang telah anda buat dengan nama Tbl_Pasaran.

Adapun cara memberikan nama table adalah blok data yang akan anda beri nama, kemudian ketikkan nama table pada kotak name box. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan pada gambar di bawah ini.

cara memberi nama tabel pada Excel

Anda dapat membuat desain tablenya lebih baik. Akan tetapi yang lebih penting adalah akurasi data yang anda masukkan.

3. Buat Desain Table Hari Pasaran

Selanjutnya, langkah ketiga adalah anda buat desain table pasaran yang elegan. Anda dapat membuat desain tabel semenarik mungkin.

Dibuat menarik agar pengguna lebih menikmati aplikasi sederhana dengan excel yang telah anda buat. Sebagai contoh, silahkan buat desain table seperti gambar di bawah ini.

desain hari dan pasaran

Pada desain di atas, tanggal yang diinput berada pada cell G11, sedangkan data hari dan pasaran berada pada cell H11. Untuk perhitungan neptu berada pada cell I11. Hal ini sangat penting untuk menentukan rumus yang kita buat ya teman-teman.

4. Masukkan Rumus Hari, Pasaran dan Neptu

Sebagaimana telah penulis jelaskan di atas, jadi perhatikan cell-cell yang kita gunakan. Jadi apabila anda ngin mengcopy paste rumus berikut, anda harus mengikuti letak dan nama cell yang telah penulis contohkan seperti di atas.

Untuk rumus menampilkan hari dan pasaran anda dapat copy paste rumus sebagai berikut:

=VLOOKUP(MOD(G11;7);Tbl_Pasaran;2)&" "&VLOOKUP(MOD(G11;5);Tbl_Pasaran;4)

Sedangkan untuk menampilkan neptu hari dan pasaran silahkan anda copy paste rumus di bawah ini.

=VLOOKUP(MOD(G11;7);Tbl_Pasaran;3)&" + "&VLOOKUP(MOD(G11;5);Tbl_Pasaran;5)&" = "&VLOOKUP(MOD(G11;7);Tbl_Pasaran;3)+VLOOKUP(MOD(G11;5);Tbl_Pasaran;5)

Jadi, sebenarnya trik yang kita gunakan untuk menentukan hari, pasaran, maupun neptu dengan excel adalah memanfaatkan rumus VLOOKUP dan MOD.

Adapun penjelasan mengenai VLOOKUP maupun MOD, apabila anda kurang mengerti silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar.

Aplikasi Hari, Pasaran dan Neptu

Anda yang ingin mengetahui secara instan tanggal tertentu merupakan hari, pasaran dan neptunya silahkan langsung saja masukkan data tanggalnya pada aplikasi di bawah ini.

Tanggal yang anda masukkan dengan format MM-DD-YYYY atau dua digit bulan – dua digit tanggal – empat digit tahun.

Demikianlah formula excel untuk menentukan hari, pasaran dan neptu dengan mudah. Anda juga dapat memanfaatkan sheet di atas untuk secara instan menentukan hari, pasaran dan neptu tanggal tertentu.

Selamat mencoba ya teman-teman.

One thought on “Rumus Mengetahui Hari Pasaran dan Weton dengan Excel

  • I have been surfing online more than 2 hours today, yet I never found
    any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me.
    In my opinion, if all webmasters and bloggers made good content as
    you did, the web will be much more useful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya