Soal dan Jawaban Tes Wawancara Seleksi PPPK

Soal wawancara PPPK – Selain mengikuti seleksi administratif atau seleksi berkas, calon PPPK juga harus mengikuti seleksi akademis dan seleksi wawancara. Untuk hasil seleksi administrasi calon PPPK Kementerian Agama dapat anda klik di sini.

Setelah mengetahui hasil seleksi administrasi, anda dapat melihat jadwal proses selanjutnya pada jadwal seleksi PPPK dengan klik di sini. Sedangkan bagi yang seleksi administrasinya dinyatakan tidak lolos dapat mengajukan sanggahan. Adapun cara dan contoh kalimat sanggahan yang tepat dapat anda lihat dengan klik di sini.

Adapun yang telah lolos seleksi administrasi, peserta seleksi calon PPPK, baik Kementerian Agama (Kemenag), Kemenkes ataupun kementerian lainnya harus mengikuti seleksi akademik dan seleksi wawancara. Agar lebih siap dalam menghadapi seleksi akademik, anda dapat melihat dan mengunduh contoh soal dan jawaban seleksi akademik PPK dengan klik di sini.

Contoh Soal dan Jawaban Wawancara P3K

Guna persiapan menghadapi tes wawancara PPPK, anda perlu mengetahui beberapa pertanyaan yang diajukan oleh tim seleksi wawancara. Adapun beberapa pertanyaan dan jawaban yang baik, sopan, santun serta tepat adalah sebagai berikut:

1. Apa motivasi anda menjadi PPPK?

Contoh jawaban yang tepat dan baik adalah :

Saya ingin menjadi pegawai PPPK agar dapat mengabdikan diri kepada bangsa dan negara serta melayani masyarakat. Dengan menjadi bagian dari PPPK, saya ingin mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional, inovatif dan berintegritas tinggi.

2. Bila saudara diangkat menjadi PPPK, apakah saudara sanggup ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau bahkan di luar negeri? Berikan alasan saudara!

Contoh jawaban yang baik dan tepat adalah :

Sebagai salah seorang abdi negara, saya bersedia ditempatkan dimana saja. Karena saya merasa menjadi bagian dari pelayan masyarakat Indonesia. Saya tidak membeda bedakan tempat kerja, dimanapun saya bekerja saya akan tetap profesional menjalankan tugas.

Sesuai dengan surat pernyataan yang sudah saya tanda tangani, saya tulus ikhlas akan menjalankan tugas di mana pun saya ditempatkan.

3. Bagaimana pendapat saudara tentang profesionalisme Aparat Sipil Negara (ASN)?

Jawaban terbaik yang dapat anda sampaikan adalah:

ASN yang profesional adalah ASN yang mumpuni dalam melaksanakan jabatannya sebagai ASN. Diantara ciri-ciri profesional ASN adalah meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural.

Selain itu, ASN yang profesionalisme harus memiliki kemampuan di antaranya:

  • Memiliki integritas dan kejujuran dalam bekerja;
  • Mampu bekerjasama dengan rekan baik seprofesi maupun tidak dalam satu profesi;
  • Melayani publik secara proporsional;
  • Berani mengambil keputusan yang tepat;
  • Memiliki jiwa sosial dan terbuka dalam perbedaan (sosio kultural).

4. Apa pendapat saudara tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan implementasi pekerjaan saudara terhadap hal tersebut?

Anda dapat menjawab seperti contoh jawaban yang baik di bawah ini:

Pancasila adalah dasar negara indonesia, artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Implementasi terhadap pekerjaan saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan saya sebagai pendidik dan pengajar sesuai dengan aturan yang berlaku yang dibuat oleh pemerintah. (bila formasi anda guru)

Implementasi terhadap pekerjaan saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan saya sesuai dengan aturan yang berlaku yang dibuat oleh pemerintah. (bila formasi anda non-guru)

Saya juga akan ikut berperan menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai nilai pancasila untuk anak didik saya, mengajarkan mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai pancasila. (untuk formasi guru)

5. Apa pendapat Anda tentang lagu Indonesia Raya?

Contoh jawaban yang tepat dan baik adalah :

Lagu Indonesia raya adalah lagu kebangsaan bagi negara indonesia. Hal tersebut berarti Lagu Indonesia Raya adalah gambaran perasaan nasional yang memiliki makna salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Lagu Indonesia adalah salah satu identitas nasional. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap lagu Indonesia Raya dan senantiasa menjiwai apa yang terkandung di dalamnya.

Mencintai lagu Indonesia merupakan bagian dari cinta tanah air dan rasa nasionalisme kita. Selain itu Indonesia Raya juga menggelorakan semangat nasionalisme kita.

6. (Bagi Calon PPPK Guru) Apakah pendapat saudara tentang pengajar dan pendidik, apa perbedaannya?

Contoh jawaban terbaik adalah :

Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar, namun seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Sebagai seorang guru tentu dituntut untuk dapat melakukan keduanya yakni mengajar dan mendidik.

Selain itu, guru juga menjadi seorang pendidik, yang artinya menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang baik.

Menjadi guru juga berarti sebagai pengajar yang artinya bertanggung jawab terhadap permasalahan akademis, melakukan suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan ilmu yang disampaikan.

Demikianlah, contoh soal wawancara PPPK beserta dengan jawaban terbaik. Semoga anda lolos dalam seleksi PPPK tahun ini. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

Link Nonton Bola Live Streaming

Siaran pertandingan sepak bola sering hanya berada di beberapa chanel televisi. Bahkan kini siaran pertandingan sepak bola berada di channel televisi berbayar. Kenikmatan melihat pertandingan sepak bola secara langsung di stadion memang tiada duanya. Penulis pernah mereview pertandingan langsung di stadion Maguwoharjo Jogja. Daftar Isi−Link Live Streaming Pertandingan Sepak BolaAPK Live Streaming BolaKesimpulan Akan tetapi, […]

Juknis Pedoman Upacara Hari Pahlawan 2022

Pedoman Upacara Hari Pahlawan 2022 – 10 November merupakan hari pahlawan bagi bangsa Indonesia. Tanggal tersebut selalu kita peringati sebagai penghormatan bagi para pahlawan yang telah berkorban jiwa raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Dalam pelaksanaan upacara hari pahlawan 10 November 2022 tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menerbitkan pedoman tata upacara peringatan hari pahlawan 2022. Kita […]

Naskah Pidato Upacara HUT RI Ke-77

Pidato Upacara HUT RI Ke 77 – Dalam rangka peringatan dirgahayu HUT RI ke 77 tahun 2022, salah satu agenda kegiatan adalah upacara bendera. Dalam upacara bendera, seperti biasanya adalah membacakan naskah teks pidato peringatan Dirgahayu HUT RI ke-77. Naskah pidato menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Mendikbudristek) dibacakan dalam upacara di sekolah maupun madrasah. […]