Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 | Word dan PDF

Teks Keputusan Kongres Pemuda – Sejarah berdirinya negara kita Indonesi tidak lepas dari peran kongres pemuda tahun 1928. Dimana pada kongres pemuda 1928 tersebut, seluruh elemen pemuda dari Sumatra sampai Indonesia timur berkumpul dan menyatakan tekad yang sama.

Tekad para pemuda Indonesia untuk bersatu, berjuang meraih kemerdekaan. Dengan tekad bulat menyatakan bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

Sehingga, dari gagasan pemuda Indonesia mengenai persatuan tersebut, kita dapat bersatu padu meraih kemerdekaan Indonesia. Berikut ini, faraziux.com bagikan teks naskah hasil keputusan Kongres Pemuda tahun 1928.

Teks Naskah Keputusan Kongres Pemuda 1928

POETOESAN CONGRES PEMOEDA-PEMOEDA INDONESIA Kerapatan   Pemoeda-Pemoeda   Indonesia   jang diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan, dengan namanja: Jong Java, Jong Sumatranen Bond (Pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen Pasoendan, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan Perhimpoenan Peladjar- Peladjar Indonesia; membuka rapat pada tanggal 27 dan 28 October tahoen 1928 dinegeri Djakarta; sesoedahnja mendengar pidato- pidato dan pembitjaraan jang diadakan dalam kerapatan tadi; sesoedahnja menimbang segala isi pidato-pidato dan pembitjaraan ini; kerapatan laloe mengambil poetoesan:

PERTAMA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH-DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA.

KEDOEA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.KETIGA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.

Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelan- perkoempoelan kebangsaan Indonesia; mengeloearkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatoeannja: kemaoean sejarah bahasa hoekoem-adat pendidikan dan kepandoean; dan mengeloearkan pengharapan soepaja poetoesan ini disiarkan dalam segala soerat kabar dan dibatjakan dimoeka rapat perkoempoelan-perkoempoelan kita.

Download File PDF dan DOCX Microsoft Word

Farazinux.com juga membagikan file naskah keputusan Kongres Pemuda 1928 dalam bentuk file pdf dan docx Microsoft Word. Silahkan klik tombol download di bawah ini untuk mengunduh file keputusan kongres pemuda 1928.

Demikianlah naskah keputusan Kongres Pemuda tahun 1928. Mari kita teladani para pendahulu kita dengan bersatu padu memajukan Indonesia, negara kita tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

sepi ing pamrih, rame ing gawe