Tips Excel : Cara Cepat Menjumlahkan Data

Tips Excel : Cara Cepat Menjumlahkan Data

Excel adalah aplikasi spreadsheet paling populer besutan dari Microsoft. Saking populernya di kalangan perkantoran, serasa tak ada pegawai yang tak kenal dengan Microsoft Excel ini, walaupun belakangan ini bertebaran aplikasi serupa dan free dari berbagai pengembang aplikasi. Tetapi kali ini akan kita mulai tips-tips cepat dalam menggunakan Microsoft Excel ini.

Tips kali ini sederhana sekali. Kita akan menggunakan autosum dengan cepat. Kalau biasanya kita menjumlahkan data dengan cara mengetikkan rumus =sum(cell_awal;cell_akhir). Atau cara lainnya dengan menuliskan =sum( kemudian click cell awal dilanjutkan dengan menekan Shift + panah sampai dengan cell akhir). 

Cara di atas kalau masih dirasa cukup melelahkan karena terlalu lama. Microsoft Excel menyediakan Shortcut yang cukup powerfull. Apabila anda menggunakan microsoft Excel di sistem operasi Windows cukup dengan menaruh di bawah cell data yang akan dijumlahkan kemudian tekan di keyboard Alt + = atau dengan ngeblok data yang akan dijumlahkan dan tekan Alt + =. Sedangkan untuk pengguna Microsoft Excel di MacOS, dapat menggunakan tombol kombinasi ⌘ + Shift + T.

Untuk lebih jelasnya silahkan disimak pada video di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya