8 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi 2023 Versi Bossman Mardigu

8 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi 2023 Versi Bossman Mardigu

Menghadapi tahun 2023 versi Bossman Mardigu yang penuh kegelapan, Bosman Mardigu memberikan tips dan triknya. Ada 8 hal yang harus segera kita lakukan mulai sekarang.

Semenjak menurunnya angka penularan Covid-19, kita sepertinya sudah aman. Akan tetapi, di belahan dunia yang lain, terjadi perang antara Rusia dan Ukraina.

Dengan terjadinya perang tersebut, ternyata inflasi di beberapa negara juga beranjak membengkak. Mungkin tahun 2023 juga semakin menunjukkan gelapnya suasana.

Apalagi di Indonesia merupakan tahun kontestasi politik 2024. Maka, 8 hal yang harus kita lakukan untuk menghadapi 2023 versi Mardigu Bossman ini memang layak untuk kita simak baik-baik.

8 tips bossman mardigu

1. Cash is King

Pelihara aset yang siap liquid saja. Apa itu aset liquid? Aset liquid adalah Aset yang gampang dijual. Contoh aset liquid adalah uang atau emas.

Uang tunai adalah raja di masa krisis. Apabila anda menyimpan non liquid aset tidak produktif, segera jual sebelum nilainya jatuh.

Hindari high risk investment dan lahan properti baru. Di saat krisis ekonomi, high risk investment dan lahan properti adalah bisnis yang pertama kali jatuh.

2. Lunasi Hutang

Bunga pinjaman akan terus merangkak naik. Inflasi dan pengetatan uang beredar dari bank sentral. Jual aset nganggur sekarang juga sebelum harganya jatuh.

Terutama penjualan ditujukan untuk melunasi hutang anda. Kemudian jauhi hutang apapun jenis hutangnya.

3. Jangan Memulai Bisnis Baru

Maksudnya adalah jangan memulai bisnis baru yang memerlukan modal uang anda atau pinjaman. Hal ini berkaitan dengan nomor 1, kita harus menjaga uang atau aset cash kita.

4. Kumpulkan Mulai Sekarang Sebanyak Mungkin Kebutuhan

Menjaga tetap aman di saat resesi adalah mempersiapkan kebutuhan. Jadi, bosman mardigu menyarankan kumpulkan mulai sekarang sebanyak mungkin kebutuhan pangan dan kesehatan.

Kita tidak akan tahu seberapa lama winter kali ini. Pada krisis dunia 2023 kali ini, pengamat ekonomi memperkirakan setidaknya 3 – 5 tahun untuk recovery penyembuhan ekonominya.

PHK besar-besaran akan terjadi. Banyak resiko pendapatan tetap akan hilang.

5. Lindungi Diri Kita dan Keluarga dengan Asuransi

Perlindungan diri kita dan keluarga sangat diperlukan. Kita harus melindungi diri dan kelarga dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, kemudian letakkan uang kita di emas, logam mulia adalah asset.

6. Efisienkan Pengeluaran

Hemat apa yang bisa dihemat dari operational expenses. Stop gaya hidup berlebihan, seperti traveling, gadget, barang bermerk, dan kehidupan sosialita.

7. Jangan Menangkap Pisau Jatuh

Don’t catch the falling knife. Akan mulai bermunculan aset-aset murah karena owner butuh uang atau harga saham murah.

Karena kita bisa jadi terpancing dengan harga saham murah sehingga nafsu kita serok juga harga crypto yang lagi turun. Jangan sampai kita tergoda.

Karena kita tidak bisa memprediksi seberapa dalam jurang kejatuhan harga-harga aset tersebut dan sulit untuk memprediksi kapan harga aset akan naik lagi. Jangan rakus!

8. Jaga Kesehatan

Kita harus menjaga kesehatan psikologi dan biologi kita. Dengan psikologi dan biologi yang sehat insyaAllah kita akan lebih mudah menghadapi kesulitan ini.

SALAM SEHAT 2024

Demikianlah tips menghadapi 2023 versi Bossman Mardigu. Tentunya tetap sabar dan tawakkal kepada Allah, kita akan melalui segala kesulitan dengan lebih mudah.

Versi videonya silahkan anda simak atau putar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya