5 Shortcut Penting Bagi Pengguna macOS

5 Shortcut Penting Bagi Pengguna macOS

Shortcut penting bagi pengguna macOS berikut ini mungkin sering terlupakan. Padahal shortcut berikut ini sangat memudahkan pengguna macBook yang selalu menginginkan kenyamanan penggunaan perangkatnya.

5 Shortcut yang akan admin sampaikan terkait dengan pengaturan brightness, volume, airdrop, tampilan finder dan pengelolaan sampah. Walaupun sudah tersedia tombol khususnya, tetapi ternyata masih ada lho trik agar tombolnya lebih bekerja sesuai dengan keinginan kita.

Mengatur Tampilan Finder

Finder adalah file manager bawaan dari macOS yang terkenal elegan, futuristik dan nyaman digunakan. Untuk mengubah tampilan dokumen pada finder bisa memilih jenis tampilan seperti gambar di bawah ini.

tampilan finder

Akan tetapi, bagi user yang senang menggunakan shortcut keyboard, terdapat alternatif untuk lebih mudah dalam merubah tampilan finder macOS ini.

Shortcut yang dapat digunakan untuk merubah tampilan finder macOS adalah Command + 1, Command + 2, Command + 3, dan Command + 4.

Shortcut tersebut akan merubah tampilan finder macOS sesuai dengan urutan icon di atas. Jadi, anda dapat menentukan sendiri tampilan yang paling sesuai.

Cara Cepat Mengakses AirDrop

AirDrop adalah fitur keren macOS, kita dapat saling berbagi file dengan begitu mudah dan begitu cepat. Teknologi airdrop pada macOS memunginkan untuk menghubungkan perangkat mac anda dengan mac yang lain ketika ingin berbagi file, tanpa pengganggu konektifitas lainnya.

Transfer file besar antar pengguna macOS akan lebih cepat, dibandingkan dengan transfer file dengan menggunakan bluethooth. AirDrop juga memungkinkan transfer file dari perangkat mac lainnya, seperti iPhone dan iPad.

airdrop macOS

Untuk mengakses airdrop secara cepat anda dapat menggunakan tombol kombinasi Command + Shift + R. Selamat mencoba.

Pengaturan Volume Suara secara Smooth

Memang sudah ada tombol khusus pada keyboard macOS yang berfungsi untuk mengatur folume. Akan tetapi, tombol tersebut akan merubah volume suara pada macBook secara signifikan. Sehingga yang ingin menaikkan atau menurunkan volume secara perlahan kurang cocok.

Nah, bagi yang menginginkan mengatur volume suara pada macOS yang secara perlahan (smooth), silahkan menggunkana shortcut Option + Shift + Volume Up or Option + Shift + Volume Down.

Cara Smooth Mengatur Brightness Layar MacBook

Selain volume suara, kecerahan layar pada macOS juga dapat diatur secara smooth. Sehingga kecerahan dapat bertambah dan berkurang secara perlahan, tidak drastis.

Nah, bagi pengguna macBook yang menginginkan pengaturan brightness secara perlahan dapat memanfaatkan shortcut Option + Shift + Keyboard Brightness Up untuk menaikkan level kecerahan atau Option + Shift + Keyboard Brightness Down untuk menurunkan level kecerahan.

Membersihkan Trash (Tong Sampah) Tanpa Konfirmasi

Delete file pada macOS selalu diarahkan untuk masuk ke dalam tong sampah (trash). Sehingga terkadang kita menjumpai tong sampah (trash) terlalu banyak penuh dengan sampah.

empty trash

Untuk membersihkan sampah file pada macOS dapat menggunakan shortcut Option+ Shift + Command + Delete.

Demikianlah, daftar 5 shortcut penting bagi pengguna macOS yang sangat keren. Menggunakan shortcut tidak hanya mempercepat pekerjaan, tetapi juga membuat lebih terlihat profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya