Amaliyah Bulan Rajab – Arab, Latin dan Artinya

Amaliyah atau amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Rajab sangatlah banyak. Karena bulan Rajab adalah salah satu dari 4 bulan yang dimuliakan (al asyhur hurum). Ummat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada bulan Rajab ini.

Mengenai keutamaan bulan Rajab salah satunya adalah berpuasa yang dapat anda baca pada artikel sebelumnya, atau klik di sini. Selain itu, memasuki datangnya bulan Rajab, Rasulullah SAW senantiasa berdoa sebagaimana sudah kita bahas sebelumnya, atau anda klik di sini.

Selanjutnya, pada kesempatan kali ini akan kita bahas beberapa amaliyah atau amalan bulan Rajab yang diijazahkan dari para ulama’. Sehingga keberkahan bulan Rajab ini semakin berlimpah. Berikut ini adalah 5 amalan bulan Rajab:

Memperbanyak Do’a

Di bulan Rajab ini, Rasulullah SAW sudah memberikan contoh do’a yang senantiasa kita panjatkan. Berikut ini adalah lafal doa bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ “

Artinya : Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Istighfar Pagi dan Sore Sebanyak 70x

Membaca Istighfar sebanyak 70x baik di pagi hari dan sore hari. Untuk bacaan lafal istighfar diriwayatkan dari Ibnu Umar dari Rasulullah SAW yang dilafalkan adalah sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ

Rabbighfirli warhamni watub alayya

Artinya : Ya Tuhan ampunilah dan sayangilah aku dan terimalah taubatku

Sayyidul Istighfar (سيد الإستغفر) x3 Pagi dan Sore

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّى ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَأَبُوءُ بِذَنْبِى ، اغْفِرْ لِى ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya : Ya Allah Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan selain Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku, dan aku adalah hamba-Mu, aku akan selalu menepati janji-Mu sekemampuan-Ku, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku kembali kepada-Mu dengan nikmat yang telah Engkau berikan. Aku kembali kepada-Mu dengan dosa, maka mapunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Dzikir Harian

Tanggal 1 – 10 Rajab = 100x

ُسُبْحَانَ اللهِ الْحَيُّ الْقَيُّوْم

Subhanal hayyil qayyum (100 kali)

Artinya: Maha Suci (Allah) Yang Maha Hidup lagi Maha Menguasai Segala Sesuatu

Tanggal 11 – 20 Rajab = 100x

سُبْحَانَ اللهِ الْأَحَدُ الصَّمَدُ

Subhanallahil ahadish shomad (100 kali)

Artinya : Maha suci Allah Satu satunya tempat bergantung

Tanggal 21 – 30 Rajab = 100x

سُبْحَانَ اللهِ الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمُ

Subhanar raufur rahim

Artinya : Maha Suci (Allah) yang Maha Mengasihi Maha Penyayang

Amalan Jum’at Terakhir Bulan Rajab

Pada hari Jum’at terakhir di bulan Rajab, ketika khatib di atas mimbar, dianjurkan membaca 35x bacaan berikut:

اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدُ رَسُوْلُ اللهِ

Ahmadu rosulullah, Muhammad rasulullah

Artinya : Ahmad adalah utusan Allah, Muhammad adalah utusan Allah.

Demikianlah beberapa amalan bulan Rajab yang sebaiknya kita amalkan agar kita memperoleh keberkahan bulan Rajab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

Download Template Undangan Halal bi Halal

Download template undangan halal bi halal kali ini versi microsoft powerpoint alias pptx. Banyak keunggulan ketika kita mendesain undangan dengan PowerPoint. Keunggulan pertama adalah dapat dijadikan video, sehingga lebih menarik untuk di share di instagram dan sosial media lainnya. Daftar Isi−Template Undangan 1 Keunggulan yang ke dua dapat bila disimpan dalam bentuk gambar dan pdf. […]

Ceramah Singkat Ramadan – Keistimewaan Umat Nabi Muhamad di Bulan Ramadan

Ceramah singkat Ramadan hari ini Kamis, 14 April 2022. Bertepatan dengan puasa ke-12 Ramadan 1443 H. Disampaikan ustadz Ali Musthofa di Masjid Al Ikhlas, Kompleks Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak. Baca juga : Desain Amplop Lebaran Format CDR Daftar Isi−1. Kasih sayang Allah2. Bau mulut orang berpusa3. Dimohonkan ampun malaikat4. Allah memerintahkan secara khusus kepada […]

Download Nashkah Khutbah Jum’at – Renungan Awal Tahun

Khutbah jum’at tema renungan awal tahun – Naskah khutbah Jum’at yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh seorang khotib. Dengan khutbah yang up to date, maka diharapkan mampu meningkatkan kualitas sholat Jum’at. Saat menyampaikan khutbah jum’at, sering kali khotib sudah berusaha maksimal. Namun, para jama’ah jum’at kurang begitu bisa memahami isi kandungan dari khutbah jum’at yang disampaikan. […]