Browser Terbaik dan Terlaris Tahun 2023

Browser terbaik 2023 – Sampai dengan Januari 2023 Google Chrome masih menempati urutan pertama browser terlaris. Dengan pangsa pasar 65,4% untuk kategori browser desktop, dan 65,35% untuk browser pada mobile phone.

Browser adalah software yang digunakan untuk membuka atau menjelajahi internet dan menampilkan halaman website. Sehingga browser sangat berguna agar kita dapat berselancar di internet. Kita juga sering mendengar istilah mesin pencari (search engine) yaitu sistem informasi yang memungkinkan pengguna internet mencari informasi di internet dengan memasukkan kata kunci tertentu.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat berpengaruh juga terhadap perkembangan aplikasi browser. Teknologi browser yang menghadirkan beragam fitur menarik dan keamanan sistem menjadi alasan penting bagi penggunanya. Berikut ini adalah daftar browser terbaik sampai bulan Januari 2023 dalam kategori desktop dan mobile.

Browser Versi Desktop Terbaik 2023

1. Chrome

Chrome adalah browser yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa teknologi Google inc. Sampai pada bulan Januari 2023 Chrome versi desktop menempati 65,4% dari pangsa pasar pengguna internet browser.

Untuk endapatkan chrome anda dapat mengunduh secara gratis di sini. Chrome hadir dalam berbagai sitem operasi mulai dari Microsoft Windows, macOS, maupun OS lainnya.

2. Safari

Safari adalah browser yang dikembangkan oleh Apple. Salah satu perusahaan yang menciptakan hardware (macBook, iMac, iPad, iPhone) maupun software (macOS dan iOS). Kita dapat mengunduh Safari secara gratis di sini.

Pada lini desktop Safari menempati posisi ke 2 sebagai browser paling banyak digunakan. 18,71% pengguna internet browser memilih Safari, hal ini mungkin juga karena banyaknya pengguna produk Apple seperti macBook dan iMac.

3. Microsoft Edge

Tak mau dibilang ketinggalan dengan Google maupun Apple, Microsoft juga telah meluncurkan browser terbaiknya yang diberi nama Microsoft Edge. Walaupun Windows merupakan sistem operasi komputer paling banyak digunakan, namun Edge hanya mampu menempati urutan ke 3 dari browser yang paling banyak digunakan. Prosentase penggunanya pun masih sangat kecil, yaitu 4,46%.

4. Firefox

Firefox adalah browser yang dikembangkan oleh Yayasan Mozila dan ratusan sukarelawan lainnya. Browser ini bersifat opensource (terbuka), multiplatform dan tentunya gratis. Dirilis pertama pada 23 September 2022 dan sempat sangat populer.

Saat ini menempati urutan ke 4 dengan prosentase pengguna 3%. Link download gratis Firefox terbaru dapat anda klik di sini.

5. Samsung Internet

Seolah tak ingin ketinggalan, Samsung selain memproduksi barang elektronik ternyata juga telah menyiapkan perangkat lunak (software). Browser yang dikembangkan dengan nama Samsung Internet ini saat ini menempati urutan ke 5 dengan prosentase pengguna 2,61% pada bulan Januari 2023.

6. Opera

Seperti halnya Firefox, Opera juga pernah jaya pada masanya. Aplikasi web browser Opera ini hadir dalam berbagai platform, termasuk desktop.

Sayangnya, saat ini opera tak setenar dulu, hanya menduduki posisi ke-6 dari browser paling populer di awal 2023 dengan prosentase 2,4% pengguna. Untuk mendapatkan opera secara gratis, silahkan klik link di sini.

Mobile Browser Terbaik 2023

Seperti halnya versi desktop, pada versi mobile browser ini Chrome masih menjadi raja yang tak tertandingi. Berikut ini adalah deretan mobile browser terbaik sampai dengan Januari 2023.

1. Chrome

Sedikit lebih rendah dibandingkan versi desktop, Chrome versi mobile masih tetap di urutan pertama mobile browser terlaris dengan prosentase 65.35%. Bagi pengguna Android dapat mengunduh Chrome dari Google Play Store. Sedangkan bagi pengguna iOS dapat mengunduh pada AppStore.

2. Safari

Mobile browser yang dikembangkan Apple inc ini menempati urutan ke-2. Tentunya browser ini menjadi default browser sistem operasi iOS yang juga dikembangkan oleh Apple.

Pengguna safari versi mobile ini lebih tinggi dibandingkan dengan versi desktop. Dengan 24,45% pengguna, safari tetap bertahan pada posisi ke dua sebagai mobil browser terlaris.

3. Samsung Internet

Posisi mobile browser terlaris ke-3 ditempati oleh Samsung Internet dengan prosentase 4,46%.

4. Opera

Walaupun posisi di mobile browser opera menempati posisi ke 4, namun prosentasenya hanya sekitar 1,78%. Jika Opera tidak lebih cepat lagi berinovasi maka akan sangat sulit mengejar posisi di atasnya, dan sangat rentan untuk dikejar oleh UC Browser.

5. UC Browser

Di posisi ke 5 ditempati oleh UC Browser dengan prosentase 1,47%.

6. Android

Sedangkan posisi ke 6 sebagai mobile browser paling banyak diminati adalah Android Browser dengan prosentase pengguna 0,82%.

Demikianlah browser terbaik 2023, semua browser di atas pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, memang saat ini Chrome dengan beragam fitur dan pluginnya sangat mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

sepi ing pamrih, rame ing gawe