Merubah File Text Menjadi File Audio di Mac OS X

Merubah File Text Menjadi File Audio di Mac OS X

Setelah kemarin kita membahas tentang menambahkan narator berbahasa Indonesia di Mac OS X, sekarang kita bahas pula bagaimana cara merubah tulisan (teks) menjadi file audio (suara) di Mac OS X. Salah satu kelebihan di Mac OS X sejak lama adalah kelebihan di bidang multimedia. Mac OS X secara bawaan OS nya sudah memiliki fitur yang dapat merubah tulisan (teks) menjadi file audio. Langkahnya pun sangat simple, bagaimana langkah-langkahnya, mari kita ikuti petunjuk di bawah ini.

Pertama, buka aplikasi Automator kemudian buat service seperti di bawah ini.

Kedua, buatlah langkah seperti di bawah ini.

Pilih Teks kemudian pilih dan click dua kali atau drag ke jendela sebelah kanan Text to Audio File. Pada System Voice gunakan narator yang sesuai (misal bila berbahasa Indonesia gunakan Damayanti). Save As untuk menentukan nantinya nama file yang dihasilkan dengan nama apa. Sedangkan Where untuk menentukan file audio yang dihasilkan akan disimpan di mana. Setelah diisi semua silahkan di save (Cmd + S), kemudian berikan nama servicenya seperti di bawah ini.

Baca Juga  5 Shortcut Penting Bagi Pengguna macOS

Setelah itu maka di aplikasi yang ada tulisan maka jika diblock dan diklik kanan di Mac anda akan tampil pilihan untuk menyimpan sebagai file suara seperti di bawah ini.

Nah, selanjutnya bisa digunakan untuk menyimpan teks menjadi file audio, file yang dihasilkan berekstensi .aiff. File ini dapat diimport ke aplikasi pengolah multimedia seperti Final Cut Pro. Selamat mencoba.

You might also like