Tempat Wisata Cocok untuk Libur Lebaran

Tempat Wisata Cocok untuk Libur Lebaran

Tempat wisata di kawasan pantura timur jawa tengah ini sangat recomended untuk liburan lebaran 2022. Libur yang cukup panjang dengan pelonggaran aturan protokol kesehatan covid-19 memungkinkan bagi masyarakat untuk berwisata di libur lebaran 2022.

Kawasan pantai utara jawa bagian timur jawa tengah sudah membudaya istilah syawalan. Pada hari ke-7 bulan syawal tradisi masyarakat sudah terbiasa dengan istilah Bodo Kupat (lebaran ketupat). Nah, pada hari lebaran ketupat itulah masyarakat berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata untuk kegiatan syawalan.

Beberapa destinasi wisata di pantura mulai dari wisata pantai sampai dengan wisata kuliner sangat padat pengunjung. Beberapa destinasi wisata yang sangat ramai pada agenda tahunan syawalan antara lain:

Wisata di Demak

Kabupaten Demak saat ini terus mengembangkan sektor pariwisata. Pariwisata di Demak tidak lagi hanya mengandalkan wisata religi. Akan tetapi, beberapa wisata alam dan kuliner saat ini telah berkembang cukup pesat.

Istambul (Pantai Glagahwangi)

Terletak di desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Pantai ini sangat indah dengan rimbunnya hutan mangrove (bakau).

Pengunjung akan disuguhkan dengan hutan mangrove saat masuk ke destinasi wisata ini. Wisatawan harus menaiki perahu lokal untuk sampai di pantai Istambul.

Tetapi saat naik perahu itulah dimulai keseruan wisata di Istambul ini. Saat menyusuri khas Demak, dengan kondisi yang masih alami di sepanjang sungai.

Baca Juga  Niat Zakat Fitrah dan Tata Caranya

Untuk lokasinya silahkan click pada maps berikut ini.

Wisata Religi (MAD dan Kadilangu)

Masjid Agung Demak (MAD) terdapat di tengah-tengah Kabupaten Demak. Lokasi sangat mudah dijangkau, berada di sebelah barat alun-alun Kabupaten Demak.

Pada kompleks masjid Agung Demak, terdapat makam Sultan Fatah (Pendiri dan Raja Pertama Kesultanan Demak).

Sedangkan pada kompleks makam Kadilangu terdapat makam Sunan Kalijaga. Untuk letaknya dapat perhatikan peta sebagai berikut:

Wisata Kuliner Demak

Selain memiliki wisata pantai, Demak juga memiliki wisata kuliner yang cukup menggiurkan. Beberapa destinasi tempat makan enak dengan harga terjangkau adalah.

  • Sup Balungan Cipto Roso
  • Sup Balungan Babe
  • Sup Balungan Mak Jah
  • Pemancingan dan Ikan Bakar Brubus
  • Pemancingan dan Ikan Bakar Bule

Wisata Kabupaten Jepara

Jepara merupakan kabupaten yang selain terkenal dengan kota ukir, bumi kartini, juga kabupaten yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata. Beberapa tempat wisata di Kabupaten Jepara mulai dari Pantai sampai dengan puncak gunung muria.

Pada liburan lebaran beberapa pantai di Jepara memang menjadi destinasi wisata terfavourit bagi warga masyarakat pantai utara timur Jawa Tengah.

Nah, beberapa tempat wisata teramai saat liburan syawal (lebaran ketupat) alias bodo kupat atau kupatan di Jepara antara lain:

Pantai Bandengan

Pantai Bandengan sudah tidak asing bagi masyarakat Jepara dan sekitarnya. Pada saat liburan lebaran, pantai Bandengan mungkin akan menjadi tempat wisata terpadat di pantura timur Jawa Tengah.

Jadi, bagi yang akan berwisata ke Pantai Bandengan, pastikan tetap selalu hati-hati dan menjaga protokol kesehatan. Berangkat lebih pagi di hari ke tujuh pada bulan syawal akan menjadi solusi terbaik untuk dapat menikmati pantai Bandengan.

Baca Juga  Pernyataan Presiden Jokowi terkait Arus Balik Lebaran

Letak tempat wisata Pantai Bandengan dapat melihat pada maps berikut ini.

Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini Jepara terletak kurang lebih 2,5 KM arah barat dari pendopo Kabupaten Jepara. Tepatnya di kelurahan Bulu, Kecamatan Jepara.

Berbagai sarana pendukung seperti dermaga penyebrangan ke pulau panjang, pelabuhan ke kepulauan karimunjawa, “Aquarium Ikan Raksasa” berwujud Kura-kura, Hotel, homestay, tempat ibadah, dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung.

Walaupun di tepi pantai utara pulau Jawa, tetapi panasnya tidak terlalu menyengat di pantai Kartini ini. Kalau ingin lebih eksotis, wisatawan dapat menyeberang ke Pulau Panjang dengan menggunakan perahu tradisional.

Kepala Park

Kelapa Park adalah destinasi wisata baru di Jepara, terletak di desa Suwawal Timur, Pakis Aji. Letaknya tidak jauh dari bumi perkemahan Pakis Aji.

Tempat wisata yang baru dibuka tahun 2018 ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Pemandangan gunung muria dari arah utara yang begitu eksotis dan masih sangat asri.

Kepala park juga menyediakan berbagai fasilitas wisata alam. Beberapa wahana permainan di Kepala Park Jepara antara lain ATV, UTV, Flying Fox, Paintball dan Jembatan Gantung.

Wisata di Kabupaten Kudus

Walaupun Kabupaten Kudus adalah kabupaten terkecil di Jawa Tengah, namun kabupaten ini merupakan kabupaten terkaya di Jawa Tengah.

Selain itu, Kabupaten Kudus juga memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari destinasi wisata alam sampai dengan wisata religi dan kuliner.

Baca Juga  Download Template Undangan Halal bi Halal

Destinasi Wisata Alam di Kudus

Beberapa destinasi wisata alam di Kabupaten Kudus yang pas untuk libur lebaran ini adalah :

  • Air terjun Montel, terletak di gunung muria, dapat diakses dari pos ojek muria;
  • Bumi perkemahan Kajar;
  • Taman Pesanggrahan;
  • Kolam air tiga rasa

Tempat Wisata Religi di Kudus

Kudus memiliki 2 dari 9 Walisongo, Sunan Kudus yang berada di kompleks Menara Kudus. Sedangkan Sunan Muria (Raden Umar Said) yang berada di puncak gunung Muria.

Kuliner di Kudus

Kudus sangat terkenal dengan masakan yang lezat. Masakan seperti soto Kudus sangat terkenal. Soto Kudus yang terkenal seperti Pak Denuh dan Soto Kudus Bu Jatmi sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Garang asem ayam juga merupakan pilihan yang tepat ketika mengunjungi Kudus. Garang asem Sari Rasa yang terletak di Jati Kudus juga merupakan makanan yang wajib dicoba ketika mengunjungi kabupaten Kudus.

Sate kambing juga tidak kalah enaknya, di Kudus sudah terkenal dengan sate pekeng yang berada di kecamatan Mejobo. Sate pekeng seperti sate Bagong dan lain-lain yang ada di pekeng sangat memanjakan lidah.

Di Taman Bojana yang berada di sebelah utara alun-alun Kudus juga banyak sekali dijajakan makanan khas Kudus yang dapat dipilih.

Tidak lupa pula oleh-oleh khas Kudus, jenang kudus yang sudah terkenal sampai se antero dunia. Legit dan manis, sangat memanjakan lidah.

Kesimpulan

Demikianlah, tempat wisata di pantura timur Jawa Tengah yang dapat dipilih sebagai alternatif mengisi liburan lebaran bersama keluarga. Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

You might also like