Daftar Text Editor Terbaik untuk Programmer

Daftar Text Editor – Bagi programmer pasti sangat membutuhkan text editor. Berbagai pilihan text editor saat ini menyuguhkan berbagai keunggulan.

Puluhan text editor dengan berbagai fitur hadir baik secara gratis maupun berbayar. Beberapa text editor tersedia dalam berbagai versi sistem operasi.

Text editor programming saat ini tidak hanya memiliki fitur IDE (Integrated Development Environment) untuk satu bahasa pemrograman saja. Akan tetapi, banyak text editor yang telah dilengkapi dengan IDE dalam berbagai bahasa pemrograman.

Apa itu Text Editor?

Sebelum kita membahas text editor apa saja yang terbaik untuk programmer. Perlu juga kita ketahui apa itu text editor.

Pada umumnya text editor adalah sebuah perangkat lunak atau disebut juga dengan software yang memiliki fungsi untuk memberikan kemudahan bagi para programmer saat menuliskan kode-kode pemrograman.

Berbagai bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, JavaScript, Php, Fortran, Cobol, dapat ditangani dengan bantuan text editor. Menulis code aplikasi akan lebih mudah dengan bantuan text editor yang dilengkapi dengan IDE.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Text Editor

Untuk memilih text editor yang paling cocok dengan kita sebagai programmer. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan text editor yang paling baik.

Gratis atau Berbayar

Saat ini kebanyakan text editor bisa digunakan secara gratis. Walaupun gratis, text editor seperti Visual Studio Code, Vim, Notepad++ telah memberikan fitur yang sangat luar biasa.

Bagi programmer pemula sudah sangat mencukupi untuk hanya menggunakan text editor gratis. Namun, apabila anda adalah programmer profesional tidak ada salahnya untuk menggunakan versi pro atau berbayar.

Fitur yang Ditawarkan

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah fitur dari text editor yang ditawarkan. Tentunya setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Karena ada kemungkinan dengan berbagai fitur yang melimpah, tetapi justru malah membuat software text editor tersebut terasa berat dijalankan.

Tetapi, juga ada text editor yang memiliki fitur minimalis tetapi tetap produktif karena lebih cepat dan ringan dijalankan di perangkat komputer anda.

Perhatikan untuk Bahasa Pemrograman apa

Selanjutnya faktor bahasa pemrograman yang akan anda gunakan. Misalnya ketika kita akan tekun dengan projek dengan bahasa pemrograman C#, maka text editor yang cocok untuk membantu pekerjaan kita adalah aplikasi text editor berbasis Visual Studio.

Spesifikasi Komputer

Kelancaran pekerjaan pemrograman selain text editor yang digunakan adalah spesifikasi komputer yang digunakan. Kemampuan komputer yang mampu untuk text editor perlu dipertimbangkan.

RAM, kapasitas penyimpanan dan sistem operasi yang telah kamu gunakan pada komputermu jga harus diperhatikan untuk memilih text editor yang tepat.

Daftar Text Editor Terbaik

Berikut ini adalah daftar text editor terbaik versi penulis:

Visual Studio Code

Pilihan pertama jatuh pada Visual Studio Code yang memiliki tampilan modern dan banyaknya fitur yang disajikan.

Walaupun aplikasi Visual Studio Code dikembangkan oleh raksasa software Microsoft yang terkenal dengan perusahaan berbayar. Tetapi, saat ini VS Code diberikan oleh Microsoft secara cuma-cuma alias gratis.

Walaupun Microsoft memberikan VS Code secara gratis, tetapi fitur yang diberikan tidak kaleng-kaleng. VS Code bagi penulis memiliki fitur di atas text editor pemgrograman yang lain.

Visual Studio Code

Visual Studio Code juga dapat terintegrasi langsung dengan GitHub. Fitur ini sangat powerfull bagi programmer. Karena dengan mudah akan langsung dapat menyingkronkan codingannya dengan Github.

Pilihan untuk mengkustomisasi tampilan editornya juga sangat beragam. Plugin yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah coding juga berlimpah.

Dengan berbagai fitur dan terbilang gratis ini, penulis menempatkan Visual Studio Code sebagai Text Editor terbaik dan terfavorit saat ini (2022).

Untuk mengunduhnya dapat dapat mengunjungi langsung pada website resminya di https://code.visualstudio.com/

SublimeText

Text editor ranking dua terbaik jatuh pada Sublime Text. Dengan fitur yang melimpah dan desain visual yang elegan dan keren. Theme yang ditawarkan pada Sublime Text sangat keren, bahkan penulis ketika menggunakan VS Code pun masih menginstall theme atau tema Sublime Text.

Sublime Text juga sangat ringan, namun penuh dengan fitur. Teks Editor ini dapat berjalan di berbagai platform mulai dari Windows, macOS dan Linux.

Untuk penggunaan awal bisa mencoba dengan versi trial. Namun, apabila ingin merasa lebih, dapat berlangganan sekitar $ 70 untuk mendapatkan lisensi penuh.

Untuk mencoba menggunakan SublimeText silahkan unduh di https://www.sublimetext.com/

Notepad++

Pengguna Windows pasti tidak asing dengan aplikasi Notepad. Sebuah aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan sebagai teks editor.

Namun, apabila ingin coding dengan lebih nyaman, bertabur fitur canggih, maka lebih baik menggunakan Notepad++. Walaupun tampilannya sederhana layaknya Notepad, tetapi Notepad++ memiliki banyak fitur canggih.

Link downloadnya di https://notepad-plus-plus.org/downloads/

Selain ringan, Notepad++ menyuguhkan beragam fitur menarik seperti text shortening, shortcut customization, macro recording, dan lainnya. Rasanya cukup lah Notepad++ sebagai pilihan terbaik untuk programmer pemula.

Atom

Atom merupakan text editor yang dikembangkan oleh GitHub. Akan tetapi Microsoft secara resmi mengakuisisi Atom pada tahun 2018.

Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi website atom di https://atom.io/

Dengan atom programmer dapat saling berkolaborasi bersama-sama mengerjakan suatu project. Jadi Atom ini IDE yang sangat keren kan.

Emacs

Emacs pertama kali dirilis dan dikembangkan pada tahun 1976. Keunggulan dari emacs adalah file manager yang ada didalamnya dapat digunakan juga untuk menjalankan games, yaitu games tetris.

Vim

Pengguna Sistem Operasi Linux pasti sangat mengenal text editor ini. Pada versi terminal Linux bernama Vi sedang versi desktopnya bernama Vim.

Vim dapat menangani berbagai macam bahasa pemrograman. Selain itu Vim juga tersedia di berbagai sistem operasi mulai dari Linux, Windows maupun macOS.

Geany

Geany sering menjadi aplikasi text editor bawaan untuk Linux. Fitur unggulan Geany antara lain, syntax highlighting, code folding, code navigation, autocompletion programming, dan lain sebagainya.

Geany dibangun di atas GTK+ runtime, jadi untuk menjalankannya tidak terlalu dibutuhkan resource yang besar.

Netbeans

Bagi programmer Java saya yakin tidak akan lupa dengan IDE ini. Netbeans sangat powerfull jika digunakan untuk mendevelop aplikasi berbasis Java.

Namun, ternyata Netbeans IDE tidak hanya dapat menjadi IDE Java. Akan tetapi dapat pula dijadikan IDE JavaScript, C / C++, HTML maupun Php. Walau IDE ini memang cukup berat dijalankan.

Untuk mengunduh netbeans silahkan kunjungi https://netbeans.apache.org/download/index.html

AIDE

Jika anda adalah programmer yang hanya memiliki HP atau Tablet Android, maka AIDE adalah text editor pilihan terbaik. Karena AIDE berjalan lancar pada sistem Android.

AIDE dapat diunduh langsung di PlayStore. Karena AIDE berjalan di Android, sudah barang tentu AIDE sangat baik untuk membantu coding aplikasi berbasis Android.

Kesimpulan

Semestinya, masih banyak lagi text editor yang lainnya. Namun, 10 ini merupakan text editor yang penulis rasa paling populer dan paling powerfull.

Pilihan ada di tangan anda, pakai sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang tepat pada perangkat yang anda gunakan.

Dari daftar text editor di atas, manakah yang jadi paling favorit? Silahkan tulis pada kolom komentar.

2 thoughts on “Daftar Text Editor Terbaik untuk Programmer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Sejenis

Cara Membuat Kalkulator dengan HTML dan CSS

Cara membuat kalkulator dengan HTML dan CSS – Dengan coding HTML yang simple kita sudah dapat membuat kalkulator sederhana. Namun dengan bantuan CSS desain kalkulator akan terlihat lebih menarik. Pada coding pembuatan kalkulator kali ini, kita hanya menggunakan script HTML dan CSS, tanpa bantuan bahasa pemrograman seperti javascript, python, php atau bahasa pemrograman keren lainnya. […]

Membuat Navbar Keren dengan HTML dan CSS

Membuat navbar keren tidak begitu sulit. Hanya dengan html dan css kita sudah dapat membuat navbar yang keren tanpa harus menggunakan plugin. Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut: Daftar Isi−Pertama - Siapkan Folder dan FileKedua - Buatlah Coding di index.htmlKetiga - Membuat File CSSMengimport Google FontMengatur BackgroundMengatur tag li, a dan buttonPengaturan HeaderPosisi LogoMengatur Interaksi […]

Membuat Login Page Keren – Glow in The Dark

Membuat login page keren dengan menggunakan teknologi HTML dan CSS. Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat login page yang keren. Anda dapat memanfaatkan desain login page ini untuk login page mikrotik, aplikasi php, aplikasi berbasis angular, atau login page berbasis aplikasi online lainnya. Karena dibuat dengan menggunakan html dan css, maka login […]