Download Installer macOS Ventura

Download Installer macOS Ventura

Kabar baik dari Apple yang telah menghadirkan versi terbaru macOS dengan code name Ventura. Installer macOS Ventura dapat anda unduh dan jadikan bootatble dengan menggunakan aplikasi Balena Etcher.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan sampaikan cara download dan membuat bootable macOS Ventura. Akan tetapi, yang akan kita buat adalah macOS Ventura yang akan kita install pada komputer bukan Apple.

Menginstall macOS pada komputer bukan buatan apple (komputer windows) sering kita sebut dengan Hackintosh. Nah, kali ini kita akan membahas link unduh sampai dengan membuat bootatble hackintosh Ventura.

Sebelum kita membuat bootable macOS Ventura, tentu kita membutuhkan file bootatble. File bootatble yang kita bagikan ini berekstensi raw.

Anda dapat mengunduh file installer macOS Ventura 13.0 di sini. Anda dapat mengunduh dari google drive tersebut, sehingga akan lebih mudah.

Download Balenaetcher

Untuk membuat bootable installer macOS Ventura dari file raw yang telah kita download, kita membutuhkan aplikasi Balenaetcher. Anda dapat mengunduh file balenaetcher di sini.

Dengan aplikasi balenaetcher tersebut, kita dapat membuat bootable macOS Ventura dari sistem operasi Windows. Karena asumsi kali ini adalah kita akan membuat file installer untuk hackintosh.

Tetapi, di sini kita tidak membahas cara install aplikasi balenaetcher. Karena hanya tinggal klik dan next-next sampai selesai.

Flashdisk yang Dibutuhkan untuk Bootable

Untuk membuat bootable macOS (hackintosh) Ventura, kita membutuhkan flashdisk dengan ukuran minimal 16 GB. Akan tetapi, akan lebih baik bila lebih besar atau 32 GB.

Flashdisk yang akan kita gunakan pastikan berkualitas baik. Apabila kita menggunakan flashdisk yang sudah ada isinya, pastikan sudah anda backup, karena seluruh isi flashdisk akan dihapus.

Selain dihapus, flashdisk akan diformat bahkan dipartisi ulang oleh balenaetcher. Sehingga kita harus menyiapkan flashdisk yang kosong atau isinya telah kita backup.

Langkah-langkah Membuat Bootable macOS Ventura

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat bootable hackintosh macOS Ventura dengan menggunakan balenaetcher.

1. Buka Aplikasi BalenaEtcher

Langkah pertama, kita buka aplikasi BalenaEtcher yang sudah kita install pada komputer Windows. Untuk tampilan awal balena Etcher seperti di bawah ini.

balenaEtcher

2. Pilih File Ventura.raw

Setelah aplikasi BalenaEtcher terbuka, kita klik Flash from file maka akan terbuka jendela untuk memilih file installer. Maka kita pilih file installer Olarila Ventura.raw yang sudah kita download.

Setelah kita memilih file Olarila Ventura.raw maka akan tampil seperti di bawah ini.

olarila ventura

3. Tentukan Target USB Flashdisk

Langkah selanjutnya kita tentukan usb flashdisk yang akan kita buat bootable. Pada langkah ini jangan sampai anda salah memilih flashdisk ya. Apalagi kalau salah pilih dengan memilih partisi selain USB flashdisk. Bisa hilang semua nanti filenya.

4. Klik Flash

Setelah kita memastikan seluruh langkah di atas telah kita lakukan dengan benar, maka silahkan klik Flash. Proses flashing akan berjalan kurang lebih 30 menit, tergantung kualitas komputer dan flashdisk yang kita gunakan.

5. Finish

Setelah semua proses selesai, maka kita klik finish. Mungkin akan tampil di windows beberapa warning error, silahkan diklik close saja.

Pesan error yang ditampilkan hanya karena partisi dan file sistem pada flashdisk bukan original partisi windows. Maka windows tidak support dengan jenis partisi tersebut. Hal tersebut jangan dikhawatirkan, silahkan klik tombol Close.

Kesimpulan

Demikianlah, cara membuat installer macOS Ventura untuk Hackintosh kita. Dengan fitur baru yang keren, macOS Ventura bisa kita nikmati di komputer bukan Apple.

Untuk kelebihan dan kekurangan macOS Ventura akan segera kita bahas. Silahkan terus ikuti web blog ini teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya