Link Download Aplikasi Wajib untuk macOS

Link Download Aplikasi Wajib untuk macOS

Download Aplikasi Wajib macOS – Aplikasi yang wajib diinstall pada macOS baru anda tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi under Windows. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi pada masing-masing kategori aplikasi, namun akan kita pilih aplikasi yang paling worted.

Kalau kita baru saja migrasi dari OS Windows, pastilah mencari-cari aplikasi pengganti pada macOS. Ternyata banyak sekali aplikasi under Windows yang memiliki versi macOS juga lho. Kecuali bagi yang migrasi dari os Linux, mungkin akan menemukan banyak penyesuaian.

Berikut ini daftar kategori aplikasi yang wajib anda install pada macBook, iMac, maupun macPro. Kali ini kita kelompokkan pada 3 kategori besar, yaitu office, programming, dan multimedia.

Aplikasi Office Pilihan

Apple selain memproduksi perangkat keras (macbook, iPhone, iWatch, iMac, macPro) juga memproduksi software. Walaupun aplikasi office besutan Apple tidak setenar aplikasi office racikan Microsoft.

office wajib macOS

Aplikasi Pengolah Kata (Word)

Berikut ini daftar aplikasi office pengolah kata (Word) yang dapat anda pilih di macOS. Aplikasi office pengolah kata berikut ini kami sertakan pula link download versi resminya.

  1. Microsoft Word, merupakan aplikasi pengolah kata paling populer buatan Microsoft. Anda dapat mengunduh Microsoft Word pada link berikut ini.
  2. WPS Office, aplikasi bundling office pendatang baru yang cukup mengagetkan. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Office. Menariknya, WPS Office menyediakan versi gratis alias cuma-cuma. Anda dapat mengunduh WPS Office pada link berikut ini.
  3. Pages adalah aplikasi pengolah kata asli buatan Apple. Walau didesain oleh Apple sendiri, namun penggunanya sepertinya tidak sebanyak Microsoft Office. Apabila anda ingin menginstall Pages sebagai aplikasi pengolah kata favorit anda, silahkan unduh di sini.

Sebenarnya, masih ada beberapa aplikasi pengolah kata lain, namun dari ketiga aplikasi pengolah kata yang keren ini sudah cukup untuk menjadi nominasi aplikasi pengolah kata tervafourit di macOS.

Saya yakin anda akan memilih Microsoft Office Word sebagai aplikasi pengolah kata terbaik.

Aplikasi Office Spreadsheet

Mendengar kata spreadsheet, kita pasti teringat pada Microsoft Excel. Akan tetapi, ada beberapa aplikasi yang tak kalah kerennya dengan Microsoft Excel sebagai aplikasi Office Spreadsheet.

Berikut ini adalah nominasi aplikasi spreadsheet pilihan.

  1. Microsoft Excel, sudah pasti anda kenal dengan baik. Untuk menggunakannya silahkan unduh Ms Excel for macOS pada tautan berikut ini.
  2. Numbers, aplikasi spreadsheet buatan Apple. Anda dapat mengunduh dan menginstallnya dari link berikut ini.
  3. WPS Office, lagi-lagi pendatang baru ini juga patut diperhitungkan. Anda dapat mengunduhnya pada link berikut ini.

Aplikasi Office Presentasi

Aplikasi pengolah presentasi terpopuler saat ini juga masih dipegang MS PowerPoint. Akan tetapi beberapa aplternatif aplikasi Office pengolah presentasi berikut ini juga patut diperhitungkan.

  1. MS Power Point, untuk mengunduh dan menginstallnya silahkan klik di sini.
  2. Keynote adalah aplikasi presentasi buatan Apple untuk produk-produk apple. Untuk menginstallnya silahkan klik di sini.
  3. WPS Office, aplikasi office bundling ini juga menyediakan aplikasi pengolah presentasi yang keren dan mirip dengan MS PowerPoint. Link downloadnya ada di sini.

Dari pilihan-pilihan tersebut di atas, pastinya anda paling worted untuk menggunakan Microsoft Office. Untuk versi Microsoft Office dan aktivasinya silahkan anda unduh dari tautan berikut ini.

Aplikasi Developer

Bagi anda yang seorang developer aplikasi, pasti membutuhkan aplikasi-aplikasi untuk mendevelop aplikasi.

Text Editor

Bagi developer aplikasi, text editor yang canggih saat ini sudah menjadi alat tempur yang sangat dibutuhkan. Beberapa text editor saat ini diperkaya dengan berbagai fitur.

Namun pada kesempatan kali ini, akan penulis berikan list daftar teks editor terbaik beserta link downloadnya.

  1. Visual Studio Code, anda dapat mengunduhnya di sini.
  2. Sublime Text, anda dapat mendownload dari web resminya di sini, atau download + key nya di sini.
  3. Atom, dapat anda unduh di web resminya di sini atau versi mod nya di sini.
  4. BBEdit, dapat anda unduh di app store dengan click di sini.
  5. Userscripts, juga tersedia di app store, silahkan click di sini.
  6. dan lain sebagainya

Aplikasi Web Server

Sebagai developer aplikasi kita sering membutuhkan aplikasi web server, kalau di Linux kita sering berkenalan dengan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan Php). Kita juga mungkin sering terbiasa dengan menggunakan XAMP.

Atau mungkin sebagai pendatang baru juga kita sering mendengar Laragon yang saat ini sedang naik daun sebagai web server di sistem operasi Windows.

Akan tetapi, di macOS mungkin kita akan lebih terbiasa dengan menggunakan MAMP Pro. Walaupun juga masih tersedia di macOS XAMP.

MAMP Pro menyediakan kita web server dengan pilihan menggunakan apache atau bisa menggunakan Nginx. Mamp Pro juga menyediakan kita web server sekaligus text editor di dalamnya. Mantab dan keren deh aplikasi web server MAMP Pro ini.

Apabila anda ingin mengunduh MAMP Pro dapat langsung mengunjungi web site ataupun App Store. Namun anda juga dapat mengunduh versi modif nya di sini.

Pengelola Database

Aplikasi untuk mempermudah pengelolaan database juga sangat dibutuhkan oleh developer aplikasi. Walaupun MAMP Pro juga dapat mengelola database seperti MySQL, namun sepertinya kita masih membutuhkan aplikasi pengelolaan database yang lebih powerfull.

Navicat adalah salah satu aplikasi pengelolaan database yang sangat populer. Navicat mempunyai beragam jenis untuk pengelolaan database.

Yang paling kompleks kita bisa menggunakan Navicat Premium. Namun, apabila kita ingin lebih spesifik dapat menggunakan Navicat for MySQL untuk pengelolaan database MySQL. Navicat for PostgreSQL untuk pengelolaan database PostgreSQL. Sedangkan untuk visualisasi database saja, bisa menggunakan Navicat Data Modeler ESS.

Semua aplikasi navicat tersebut dapat anda unduh langsung di AppStore. Akan tetapi jika anda ingin menggunakan versi modifikasi silahkan anda unduh pada tautan beriut ini.

Aplikasi Grafis dan Multimedia

macOS adalah sistem operasi yang sudah terkenal dengan keunggulannya di bidang multimedia dan grafis. Nah, untuk rekomendasi aplikasi grafis dan multimedia di macOS simak ulasan berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Grafis di macOS

Kita mengenal dua jenis aplikasi grafis, yaitu grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap. Keduanya adalah jenis aplikasi grafis yang saling bersinergi untuk mendesain produk sesuai dengan karakteristiknya.

Untuk grafis berbasis bitmap, mungkin kita akan lebih familiar dengan Adobe Photoshop. Walaupun Adobe memiliki banyak sekali varian.

Link download aplikasi Adobe Photoshop terbaru silahkan klik di sini. Pada link tersebut anda dapat memilih versi trial dan versi berbayar Adobe Photoshop. Sedangkan apabila anda ingin mengunduh versi mod nya silahkan unduh di sini.

Sedangkan untuk aplikasi grafis berbasis vektor banyak mungkin yang masih setia dengan CorelDraw. Walau saat ini banyak juga yang sudah banyak beralih ke Adobe Illustrator.

Link Download CorelDraw versi terbaru silahkan klik di sini. Sedangkan versi mod nya anda dapat mengunduhnya di sini.

Sedangkan link download aplikasi Adobe Illustrator anda dapat unduh di sini. Untuk versi mod nya silahkan download Adobe Illustrator di sini.

Pilihan Terbaik Aplikasi Multimedia

Aplikasi bawaan macOS untuk multimedia seperti Quicktime memang sudah sangat powerfull. Selain dapat memutar video dan music, Quicktime juga dapat merekam layar, merekam suara dan sebagainya.

Namun, untuk memutar musik, saya rasa lebih elegan dengan Movist. Aplikasi Movist memiliki tampilan dan tool untuk memutar video dengan lebih menarik. Untuk mengunduh movist silahkan klik di sini. Versi mod nya silahkan unduh movist di sini.

Sedangkan untuk mengolah video (video editing) pastinya macOS sudah sangat terkenal dengan Final Cut Pro (FCP). Untuk yang baru move on dari Adobe Premiere atau video editing yang lain, Final Cut Pro menjadi pilihan yang sangat menarik.

Kualitas hasil olahan dan tool yang disediakan oleh Final Cut Pro, pasti sudah tidak bisa diragukan lagi. Anda dapat mendownload Final Cut Pro di sini. Atau apabila anda ingin versi Final Cut Pro mod silahkan download di sini.

Kesimpulan

Itulah aplikasi macOS yang layak untuk didownload pada perangkat mac anda. Untuk versi mod biasanya file masih dibungkus dengan zip atau rar. Untuk tool pengelolaan zip atau rar Keka adalah aplikasi compress dan uncompress di macOS yang luar biasa.

Anda dapat mendownload aplikasi wajib macOS untuk tool unzip bernama Keka ini di sini. Karena Keka merjupakan aplikasi berbayar, anda juga dapat mendownload versi mod nya di sini.

Untuk link mod file yang anda download berupa file torrent. Untuk mendownload file aslinya dari torrent silahkan gunakan aplikasi download torrent, saya rekomendasikan dengan Transmission. Anda dapat mengunduh atau download Transmission di sini.

Demikianlah, link download aplikasi wajib macOS yang kita bahas kali ini. Apabila ada rekomendasi atau ide seputar aplikasi macOS silahkan anda tuliskan pada kolom komentar di bawah ya teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Menarik Lainnya